NIM : 140240006
DOSEN PENGASUH : DR.NAZARUDDIN,SS.,M.Si
i
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat
SWT atas
segala Rahmat dan Hidayah-Nya yang senantiasa dilimpahkan kepada kita semua. Selanjutnya,
Selawat dan Salam kita sanjungkan kepangkuan Nabi Besar Muhammad SAW beserta
keluarganya dan para sahabat Beliau yang telah membawa kita ke alam yang
berpengetahuan .
Penyusun merasa bahagia dapat menyelesaikan
sebuah buku dengan meresume, ringkasan buku ini berisi tentang “SOSIOLOGI Suatu
Pengantar” adapun tujuan dari peringkasan buku ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Sosiologi.
Akhir kata “Tiada Gading yang Tak Retak”
tiada manusia yang terlepas dari kesalahan. Penyusun menyadari adanya
kekurangan dari ringkasan buku ini, maka dari itu, penyusun mengharap kritik
dan saran . Semoga ringkasan buku ini bermanfaat. Wassalam
Buket Indah, 10 Desember 2014
Penyusun,
Cut
Arlita
ii
DAFTAR ISI
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I
Pendahuluan
A.
Pengantar
.................................................................................................. 1
B.
Ilmu
Pengetahuan dan Sosiologi .............................................................. 1
1.
Apakah
Ilmu Pengetahuan(Science) ................................................... 1
2.
Ilmu-ilmu
Sosial dan Sosiologi
........................................................... 2
3.
Definisi
Sosiologi dan Sifat Hakikatnya ............................................. 2
4.
Objek
Sosiologi ................................................................................... 3
C.
Gambaran
Ringkas Tentang Sejarah Teori-teori Sosiologi....................... 3
1.
Apakah
Teori ?..................................................................................... 3
2.
Perhatian
Terhadap Masyarakat sebelum Comte ................................ 3
3.
Sosiologi
Auguste Comte (1978-1853) ............................................... 3
4.
Teori-teori
Sosiologi sesudah Comte................................................... 4
D.
Metode-metode
dalam Sosiologi .............................................................. 4
E.
Perkembangan
Sosiologi di Indonesia....................................................... 4
1.
Permulaan
Sosiologi di Indonesia ....................................................... 4
2.
Perkembangan
Sosiologi Sesudah Perang Dunia ke II........................ 4
BAB II PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI
SOSIAL
A.
Pengantar
.................................................................................................. 5
B.
Interakasi
Sosial sebagai Faktor Utama Dalam kehidupan Sosial............ 5
C.
Syarat-syarat
Terjadinya Interaksi Sosial.................................................. 5
D.
Kehidupan
Yang Terasing ........................................................................ 5
E.
Bentuk-bentuk
Interaksi Sosial.................................................................. 5
BAB III KELOMPOK-KELOMPOK SOSIAL DAN
KEHIDUPAN MASYARAKAT
A.
Pengantar.................................................................................................. 6
B.
Pendekatan
Sosiologis terhadap kelompok-kelompok Sosial.................. 6
C.
Tipe-tipe
Kelompok Sosial....................................................................... 6
D.
Kelompok-kelompok
sosial yang Tidak Teratur....................................... 7
1.
Kerumunan(
Crowd)............................................................................ 8
2.
Publik
.................................................................................................. 8
E.
Masyarakat
Pedesaan (Rural Community) dan Masyarakat Perkotaan (Urban Community)............................................................................................... 8
1.
Masyarakat
Setempat(Community)...................................................... 8
2.
Tipe-tipe
Masyarakat Setempat............................................................ 9
3.
Masyarakat
Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan................................ 9
iii
BAB IV KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
A.
Pengantar.................................................................................................... 11
B.
Unsur-unsur
Kebudayaan........................................................................... 11
C.
Fungsi
Kebudayaan Bagi Masyarakat........................................................ 11
D.
Sifat
Hakikat Kebudayaan.......................................................................... 11
E.
Kepribadian
dan Kebudayaan.................................................................... 12
F.
Gerak
Kebudayaan..................................................................................... 12
BAB V LEMBAGA KEMASYARAKATAN (LEMBAGA
SOSIAL)
A.
Pengantar................................................................................................... 13
B.
Proses
Pertumbuhan Lembaga Kemasyarakatan....................................... 13
1.
Norma-norma
Masyarakat................................................................... 13
2.
Sistem
pengendalian Sosial ( Social Control)...................................... 13
C.
Ciri-ciri
umum Lembaga Kemasyarakatan................................................ 14
D.
Tipe-tipe
Lembaga Kemasyarakatan......................................................... 14
E.
Cara-cara
Mempelajari Lembaga Kemasyarakatan................................... 15
F.
Conformity
dan Deviation......................................................................... 15
BAB VI LAPISAN MASYARAKAT
A.
Pengantar...................................................................................................
16
B.
Terjadinya
Lapisan Masyarakat................................................................. 16
C.
Sifat
Sistem Lapisan Masyarakat.............................................................. 16
D.
Kelas-kelas
dalam Masyarakat.................................................................. 16
E.
Dasar
Lapisan Masyarakat......................................................................... 17
F.
Unsur-unsur
Lapisan Masyarakat............................................................... 17
G.
Lapisan
yang Sengaja Disusun................................................................... 17
H.
Mobilitas
Sosial( Social Mobility)............................................................. 17
1.
Pengertian
Umum dan Jenis-jenis Gerak Sosial................................... 17
2.
Tujuan
Penelitian Gerak Sosial............................................................. 18
3.
Beberapa
Prinsip Umum Gerak Sosial Yang Vertikal.......................... 18
4.
Saluran
Gerak Sosial Vertikal............................................................... 18
I.
Perlunya
sistem Lapisan Masyarakat.......................................................... 18
BAB VII KEKUASAAN, WEWENANG, DAN
KEPEMIMPINAN
A.
Pengantar.................................................................................................... 19
B.
Hakikat
Kekuasaan dan Sumbernya.......................................................... 19
C.
Unsur-unsur
Saluran dan Dimensinya........................................................ 19
1.
Rasa
takut............................................................................................. 19
2.
Rasa
cinta.............................................................................................. 19
3.
Kepercayaan.......................................................................................... 19
4.
Pemujaan............................................................................................... 19
D.
Cara-cara
Mempertahankan kekuasaan...................................................... 20
E.
Beberapa
Bentuk Lapisan Kekuasaan........................................................ 20
F.
Wewenang................................................................................................. 20
G.
Kepemimpinan(Leadership)....................................................................... 21
iv
BAB VIII
PERUBAHAN SOSIAL DAN KEBUDAYAAN
A.
Pengantar................................................................................................... 23
B.
Pembatasan
Pengertian.............................................................................. 23
1.
Definisi................................................................................................. 23
2.
Teori-teori
perubahan Sosial................................................................ 23
C.
Hubungan
antara Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan............. 24
D.
Beberapa
Bentuk Perubahan Sosial dan Kebudayaan............................... 24
E.
Faktor-faktor
yang Menyebabkan Perubahan Sosial dan Kebudayaan..... 24
F.
Faktor-faktor
yang Memengaruhi Jalannya Proses Perubahan................... 25
G.
Proses-proses
Perubahan Sosial dan Kebudayaan....................................... 25
H.
Arah
Perubahan........................................................................................... 26
I.
Modernisasi................................................................................................. 26
BAB IX MASALAH SOSIAL DAN MANFAAT
SOSIOLOGI
A.
Pengantar.................................................................................................... 27
B.
Masalah
sosial, Batasan dan Pengertian..................................................... 27
C.
Klasifikasi
Masalah Sosial dan Sebab-sebabnya........................................ 27
D.
Ukuran-ukuran
Sosiologis terhadap Masalah Sosial.................................. 27
E.
Beberapa
Masalah Sosial Penting.............................................................. 28
F.
Pemecahan
Masalah Sosial......................................................................... 28
G.
Perencanaan
Sosial (Social Planning)........................................................ 28
H.
Tokoh-tokoh
yang Memengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi.............. 29
I.
Manfaat
Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan.................................... 30
1.
Pengantar.............................................................................................. 30
2.
Manfaat
Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan............................... 30
BAB X PENUTUP
A.
Pengantar................................................................................................... 31
B.
Keterkaitan
“Public Speaking” dengan Sosiologi Komunikasi................. 31
C.
Dampak
pada Sistem Sosial-Budaya......................................................... 31
D.
Tinjauan
Sosiologis mengenai Lingkungan Anak dan Remaja
yang Menunjang Tumbuhnya Motivasi dan
Keberhasilan
studi Anak................................................................................................ 32
Daftar Pustaka 33
1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengantar
Seorang
awam yang untuk pertama kali mempelajari Sosiologi, sesungguhnya secara tidak
sadar telah mengetahui sedikit tentang sosiologi. Selama hidupnya, dia telah
menjadi anggota masyarakat dan sudah mempunyai pengalaman-pengalaman dalam
hubungan sosial atau hubungan antarmanusia. Sosiologi merupakan suatu ilmu yang
masih muda, walau telah mengalami perkembangan yang cukup lama.
Dalam
abad ke-19, seorang ahli filfasat bangsa Perancis bernama Auguste Comte menulis
beberapa buku yang berisikan pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari
masyarakat.Sejarah sosiologi berasal dari Ilmu Filsafat(Master Scientiarum)
yang lahir pada saat-saat terakhir perkembangan ilmu pengetahuan. Sosiologi
menjadi ilmu yang berdiri sendiri karena meningkatnya perhatian terhadap kesejahteraan
masyarakat dan perubahan yang terjadi
dimasyarakat. Sosiologi, menurut comte, harus dibentuk berdasarkan pengamatan
terhadap masyarakat bukan merupakan spekulasi.
B.
Ilmu
Pengetahuan dan Sosiologi
1.
Apakah
Ilmu Pengetahuan(Science) ?
Secara pendek Ilmu Pengetahuan adalah
pengetahuan(knowledge) yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan
pikiran, yang selalu dapat diperiksa dan di telaah dengan kritis oleh orang
lain yang ingin mengetahuinya.
Ilmu Pengetahuan merupakan pengetahuan
yang tersusun secara sistematis dengan penggunaan kekuatan pemikiran, dimana
pengetahuan tersebut selalu dapat diperiksa dan dikontrol secara kritis. Tujuan
Ilmu Pengetahuan adalah untuk lebih mengetahui dan mendalami segala segi
kehidupan.
Secara umum dan konvensional dikenal
adanya empat kelompok Ilmu Pengetahuan, yaitu :
a. Ilmu
Matematika
b. Ilmu
Pengetahuan Alam, yaitu kelompok ilmu pengetahuan yang mempelajari
gejala-gejala alam baik yang hayati(life sciences)maupun yang tidak
hayati(fisika)
c. Ilmu
tentang perilaku yang satu pihak menyoroti perilaku hewan, dan dilain pihak
menyoroti perilaku manusia, yang terakhir ini sering kali dinamakan ilmu-ilmu
sosial yang mencakup berbagai ilmu pengetahuan yang menyoroti sesuatu bidang
didalam kehidupan masyarakat
d. Ilmu
pengetahuan kerohanian, yang merupakan kelompok ilmu pengetahuan yang
mempelajari perwujudan spiriyual kehidupan bersama manusia.
2
2.
Ilmu-ilmu
Sosial dan Sosiologi
Ilmu-ilmu sosial dinamakan demikian
karena ilmu-ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai
objek yang dipelajarinya. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri
sendiri karena telah memnuhi segenap unsur-unsur ilmu pengetahuan, yang
ciri-ciri utamanya sebagai berikut:
a. Sosiologi
bersifat empiris(kenyataan dan akal sehat)
b. Sosiologi
bersifat teoritis(abstraksi dari hasil-hasil observasi)
c. Sosiologi
bersifat kumulatif(atas dasar teori yang sudah ada)
d. Sosiologi
bersifat nonetis (menjelaskan fakta tersebut secara analitis)
Manfaat
ilmu-ilmu sosial dan hubungan antara ilmu-ilmu sosial dengan sosiologi, yaitu :
a.
Adanya
suatu terminologi umum
b. Suatu
teknik penelitian terhadap organisai yang besar dan kompleks
c. Suatu
pendekatan sintetis yang meniadakan analisi fragmentaris
d.
Sudut pandang yang memungkinkan analisis
terhadap masalah sosiologi dasar
e. Penelitian
yang lebih banyak tertuju pada hubungan dari bagian dengan tekanan pada proses
dan kemungkinan terjadinya perubahan.
f. Kemungkinan
mengadakan penelitian secara operatif dan objektif.
3.
Definisi
Sosiologi dan Sifat Hakikatnya
a. Pitirim Sorokin
mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan
pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, gejala non sosial dan
ciri umum semua jenis gejala sosial.
b. Roucek dan Warren
mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara
manusia dalam kelompok-kelompok
c. William F.Ogburn
dan Meyer F.Nimkoff berpendapat
bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan
hasilnya yaitu organisasi sosial
d. J.A.A van Doorn C.J.Lammers berpendapat
bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan
proses-proses kemasyrakatan yang bersifat stabil
Sifat- sifat hakikatnya adalah sebagai
berikut :
a. Sosiologi
merupakan suatu ilmu sosial dan bukan merupakan ilmu pengetahuan alam ataupun
ilmu pengetahuan kerohanian.
b. Sosiologi
bukan merupakan disiplin yang normatif tetapi merupakan suatu disiplinyang
kategoris.
c. Sosiologi
merupakan ilmu pengetahuan yang murni dan bukan merupakan ilmu pengetahuan
terapan atau terpakai
d. Sosiologi
merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan merupakan ilmu pengetahuan
yang konkret
3
4.
Objek
Sosiologi
Objek sosiologi adalah masyarakat yang
dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses timbul dari hubungan
manusia didalam masyarakat.
Unsur-unsur masyarakat
a. Masyarakat
merupakan manusia yang hidup bersama
b. Bercampur
untuk waktu yang cukup lama
c. Mereka
sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan
d. Mereka
merupakan suatu sistem hidup bersama
C.
Gambaran
Ringkas tentang Sejarah Teori-teori Sosiologi
1.
Apakah
Teori ?
Suatu teori pada hakikatnya merupakan
hubungan antara dua fakta atau lebih, atau pengaturan fakta menurut cara-cara
tertentu. Fakta tersebut merupakan sesuatu yang dapat diamati dan pada umumnya
dapat di uji secara empiris. Secara sederhana ,suatu teori merupakan hubungan
antara dua variabel atau lebih yang telah di uji kebenrannya.
2.
perhatian
terhadap Masyarakat Sebelum Comte
Perhatian Masyarakat Sebelum Comte :
1. Plato:Menelaah
masyarakat secara sistematis dan merumuskan teori organis tentang masyarakat
yang mencakup bidang kehidupan ekonomi dan sosial
2. Aristoteles:Melakukan
analisis terhadap lembaga politik dalam masyarakat
3. Ibn Khaldun : Beberapa
prinsip pokok untuk menafsirkan kejadian sosial dan peristiwa dalam sejarah
4. Zaman Renaissance :
Tercatat nama-nama Thomas More dan Campanella mengenai masyarakat ideal. N.Machiavelly: mengemukakan mengenai bagaimana cara
mempertahankan kekuasaan .
5. Hobbes : Menulis
mengenai keadaan alamiah manusia yang didasari pada keinginan-keinginan mekanis
sehingga manusia selalu saling berkelahi
6. John Locke dan
jj Rousseau: menulis mengenai
kontrak sosial
7. Saint Simon: menulis
tentang manusia yang hendaknya dipelajari dalam kehidupan berkelompok.
3.
Sosiologi
Auguste Comte
Auguste Comte yang pertama kali memakai istilah
“sosiologi” dan Ia membedakan antara ruang lingkup dan isi sosiologi dari ruang
lingkup dan isi ilmu penegtahuan lainnya. Menurut Comte, suatu ilmu pengetahuan
bersifat positif, apabila ilmu pengetahuan tersebut memusatkan perhatian pada
gejala-gejala nyata dan konkret. Sosiologi merupakan studi positif tentang
hukum-hukum dasar dari gejala sosial. Comte kemudian membedakan antara
sosiologi statis dan Sosiologi dinamis.
4
4.
Teori-
teori Sosiologi Sesudah Comte
Pengelompokkan kedalam mazhab-mazhab
akan didasarkan pada faktor-faktor tersebut sehingga akan dapat diperoleh suatu
gambaran yang minimal.
a.
Mazhab
Geografi dan Lingkungan
Pentingnya mazhab ini adalah bahwa
ajaran atau teori menghubungkan faktor keadaan alam dengan faktor struktur
serta organisasi sosial.
b.
Mazhab
Organis dan Evolusioner
Herbert
Spencer: melakukan analogi antara masyarakat manusia dengan
organisme manusia. W.G. Summer:
mengenai kebiasaan sosial yang timbul secara tak sadar dalam
masyarakat(folkway)
c.
Mazhab
Ekonomi
Karl
Marx: mempergunakan
metode sejarah dan filsafat untuk membangun suatu teori perubahan
M.Weber
: mengungkapkan
tentang empat tipe ideal aksi sosial
d.
Mazhab
Hukum
Durkheim
: hukum
yang dihubungkandengan jenis-jenis solidaritas dalam masyarakat
D. Metode-metode dalam Sosiologi
Ada
2 metode dalam Sosiologi :
1. Metode
kualitatif: tidak bisa diukur dengan angka tetapi nyata dalam masyarakat.
2. Metode
kuantitatif : bisa diukur dengan angka, dengan menggunakan skala,tabel dan
formula
E. Perkembangan Sosiologi di Indonesia
1.
Permulaan
Sosiologi di Indonesia
Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta
merupakan satu satunya lembaga Perguruan Tinggi yang sebelum perang dunia kedua
memberikan kuliah-kuliah sosiologi di Indonesia. Sosiologi yang dikuliahkan
pada waktu itu bersifat filsasat sosial dan teoretis. Pada tahun 1934/1935
kuliah sosiologi pada Sekolah Tinggi tersebut ditiadakan.
2.
Perkembangan
Sosiologi Sesudah Perang Dunia Ke II
Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia
pada tanggal 17 Agustus 1945, seorang sarjana Indonesia, yaitu Soenario
Kolopaking untuk pertama kalinya memberi kuliah sosiologi(1948)
Buku sosiologi dalam bahasa indonesia
mulai diterbitkan sejak 1 tahun setelah pecahnya revolusi fisik, yaitu
sosiologi indonesia oleh Djody Gondokusumo yang memuat beberapa pengertian
elementer dari sosiologi yang teoretis dan bersifat sebagai filsafat.
5
BAB II
PROSES SOSIAL
DAN INTERAKSI SOSIAL
A.
Pengantar
Proses
sosial adalah cara berhubungan yang dapat dilihat apabila para individu dan
kelompok saling bertemu dan menentukan bentuk hubungan atau apa yang akan
terjadi apabila ada perubahan yang menyebabkan goyahnya cara hidup yang telah
ada.
B. Interaksi Sosial sebagai Faktor
Utama dalam Kehidupan Sosial
Interaksi
Sosial berguna untuk menelaah dan mempelajari banyak masalah didalam
masyarakat. Interaksi sosial merupakan kunci semua kehidupan sosial karena
tanpa interaksi sosial tak akan mungkin ada kehidupan bersama.
C. Syarat-syarat Terjadinya Interaksi
Sosial
Interaksi
sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis, baik secara langsung maupun
tidak langsung. Dua syarat terjadinya interaksi sosial , yaitu :
1. Adanya
Kontak sosial yang dapat berlangsung dalam 3 bentuk yaitu antarindividu, antar
individu dengan kelompok, antar kelompok.
2. Adanya
Komunikasi, yaitu seseorang memberikan arti pada perilaku orang lain. Orang
yang bersangkutan kemudian memberi reaksi terhadap perasaan yang ingin
disampaikan oleh orang tersebut.
D. Kehidupan Yang Terasing
Kehidupan
terasing disebabkan secara badaniah seseorang sama sekali diasingkan dari
hubungan dengan orang lain.Padahal perkembangan jiwa seorang banyak ditentukan
oleh pergaulannya dengan orang lain.kehidupan terasing yang sempurna ditandai
dengan ketidakmampuan mengadak interaksi sosial dengan pihak lain.
E. Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
Bentuk
bentuk interaksi sosial dapat berupa kerjasama, persaingan,akomodasi, dan
bahkan pertentangan atau pertikaian.
Proses-proses
interaksi yang pokok adalah :
1.
Proses-proses
yang Asosiatif
a.
Kerjasama
adalah usaha bersama untuk mencapai tujuan bersama
b.
Akomodasi
adalah cara untuk menyelesaikan pertentangan.
2.
Proses
Disosiatif
a.
Persaingan
adalah
suatu proses sosial dimana individu atau kelompok manusia yang bersaing mencari
keuntungan melalui bidang-bidang
kehidupan.
b.
Kontravensi
adalah
suatu bentuk proses sosial yang berada antara persaingan dan pertentangan atau
pertikaian.
6
BAB III
KELOMPOK-KELOMPOK
SOSIAL DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT
A. Pengantar
Manusia
pada dasarnya adalah makhluk sosial, memiliki naluri untuk hidup dengan orang
lain. Naluri manusia untuk selalu hidup dengan orang lain disebut
gregariousness sehingga manusia juga disebut social animal(hewan sosial).
Sejak
dilahirkan manusia sudah mempunyai dua hasrat atau keinginan pokok, yaitu :
1. Keinginan
untuk menjadi satu dengan manusia lain disekitarnya(masyrakat)
2. Keinginan
untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya.
B.
Pendekatan
Sosiologis terhadap Kelompok-kelompok Sosial
Kelompok
sosial adalah kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan
diantara mereka. Hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal
balikyang saling memengaruhi dan juga suat kesadaran untuk saling menolong.
C. Tipe-tipe Kelompok Sosial
1.
Klasifikasi
Tipe-tipe Kelompok Sosial
Tipe-tipe kelompok sosial dapat di
klasifikasikan beberapa sudut atau atas dasar pelbagai kriteria ukuran. Seorang
sosiolog jerman, georg simmel, mengambil ukuran besar kecilnya jumlah anggota
kelompok, bagaimana individu memengaruhi kelompoknya serta interaksi sosial
dalam kelompok tersebut.
2.
Kelompok
sosial dipandang dari sudut individu
Kelompok sosial adalah dasar kekerabatan, usia, seks dan
kadang-kadang atas dasar pekerjaan dan kedudukan. Dalam masyarakat yang sudah
kompleks individu biasanya menjadi kelompok sosial tertentu. Akan tetapi, dalam
hal lain seperti di bidang pekerjaan, rekreasi dan sebagainya, keanggotaanya
bersifat sukarela.
3.
In-
Group dan Out- Group
In group
adalah kelompok sosial dimana individu mengidentifikasikan dirinya atau tidak
bersifat relatif dan tergantung pada situasi sosial tertentu. Out
group adalah kelompok sosial yang oleh individu diartikan sebagai lawan
in groupnya.
Out group sering dikaitkan dengan
istilah” kami atau kita”dan “mereka”
4.
Kelompok
Primer (primary Group) dan Kelompok Sekunder (secondary Group).
Kelompok Primer
merupakan kelompok sosial yang paling sederhana, dimana anggotanya salingmengenal,
contoh: keluarga, teman sepermainan dan lain lain.
7
Kelompok sekunder
adalah kelompok yang terdiri dari banyak orang, yang sifat hubungannyatidak
berdasarkan pengenalan secara pribadi dan juga tidak langgeng. Contohnya
hubungan kontrak jual beli.
5.
Pagayuban(Gemeinschaft)
dan Patembayan(Gesellschaft).
Pagayuban(Gemeinschaft)merupakan
bentuk kehidupan bersama,dimana anggotanya diikat olehhubungan batin yang murni,bersifat
alamiah dan kekal, dapat dijumpai dalam keluarga, kelompok kekerabatan ,rukun
tetangga.
Patembayan(Gesellschaft) merupakan ikatan
lahir yang bersifat pokok dan biasanya untuk jangka waktu pendek. Contohnya
adalah ikatan antara pedagang.
6.
Formal
Group dan Informal Group.
Formal group
adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggotanya
untuk mengatur hubungan antarasesama. Contohnya organisasi. Informal
group: tidak mempunyai struktur dan organisasi tertentu atau yang pasti.
kelompok-kelompok tersebut biasanya terbentuk karena pertemuan yang
berulangkali contoh nya klik (clique).
7.
Membership
Group dan Reference Group
Membership Group merupakan suatu kelompok dimana setiap
orang secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut. Reference Group ialah
kelompok-kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang( bukan anggota
kelompok tersebut) untuk membentuk pribadi dan perilakunya.
8.
Kelompok
Okupasional dan Volunter
Kelompok okupasional
adalah kelompok yang muncul karena semakin memudarnya funsi kekerabatan.
Contohnya, kelompok profesi, seperti asosiasi sarjana farmasi, ikatan dokter
Indonesia,dll
Kelompok Volunter
adalah kelompok orang yang memiliki kepentingan sama, namun tidak mendapatkan
perhatian masyarakat. Kelompok volunter dilandaskan pada kepentingan primer.
Kepentingan primer mencakup :
1. Kebutuhana
akan sandang, pangan dan papan
2. Kebutuhan
akan keselamatan jiwa dan harta benda
3. Kebutuhan
akan harga diri
4. Kebutuhan
untuk dapat mengembangkan potensi diri
5. Kebutuhan
akan kasih sayang.
D. Kelompok-kelompok Sosial yang tidak
Teratur
Bermacam-macam
bentuk kelompok-kelompok sosial yang tidak teratur pada dasarnya dapat dimasukkan
kedalam dua golongan besar, yaitu kerumunan dan publik.
8
1.
Kerumunan(Crowd)
Kerumunan(Crowd)
adalah individu-individu yang berkumpul secarakebetulan di suatu tempat, pada
waktu bersamaan.
Bentuk-bentuk kerumunan sebagai berikut
:
a.
Kerumuman
yang berartikulasi dengan struktur sosial
1) Formal Audiences
: Merupakan kerumunan yang mempunyai pusat perhatian dan persamaan tujuan.Contohnya
: penonton film.
2)
Planned
Expressive Group : Merupakan kerumunan yang pusat
perhatiannya tidak begitu penting, tetapi mempunyai persamaan tujuan. Contohnya
orang berpesta.
b.
Kerumunan
yang bersifat Sementara(casual crowds)
1) Inconvenient Aggregations
: Kumpulan yang kurang menyenangkan, misalnya orang yang antri karcis.
2) Panic Crowds
: Kerumunan orang yang sedang panik, yaitu orang-orang yang berusaha
menyelamatkan diri dari suatu bahaya.
3) Spectator Crowds
: Kerumunan penonton terjadi karena ingin melihat suatu kejadian tertentu.
c.
Kerumunan
yang berlawanan dengan norma hukum (lawless crowd)
1)
Akting
Mobs : Kerumunan yang bertindak emosional dengan
menggunakan kekuatanfisik yang berlawanan dengan norma- norma yang berlaku
dalam masyarakat.
2)
Immoral
Crowds : Kerumunan yang bersifat immoral hampir sama dengan
kelompok ekspresif. Bedanya adalah kerumunan yang bersifat immoral bertentangan
dengan norma masyarakat. Contohnya adalah orang-orang yang mabuk.
2.
Publik
Publik merupakan kelompok yang tidak
merupakan kesatuan. Interaksi terjadi secara tidak langsung melalui alat-alat
komunikasi seperti pembicaraan pribadi yang berantai, desas desus, surat kabar, radio, televisi, film dan lain
sebagainya.
E.
Masyarakat
Pedesaan (Rural Community) dan Masyarakat Perkotaan (Urban Community)
1.
Masyarakat
Setempat(Coommunity)
Istilah community dapat diterjemahkan sebagai masyarakat setempat, yang
menunjuk pada warga sebuah desa, kota, suku atau bangsa.
Secara singkat, masyarakat setempat
adalah suatu wilayah kehidupan sosial yang ditandai oleh suatu derajat hubungan
sosial yang tertentu.
Unsur-unsur perasaan komuniti yaitu : Seperasaan, Sepenanggungan, Saling
memerlukan.
9
2.
Tipe-tipe
Masyarakat Setempat
Dalam mengadakan klasifikasi masyarakat
setempat, dapatdigunakan empat kriteria yang saling berpautan, yaitu :
a. Jumlah
penduduk
b. Luas,
kekayaan dan kepadatan penduduk daerah pedalaman
c. Fungsi-fungsi
khusus masyarakat setempat terhadap seluruh masyarakat , dan
d. Organisasi
masyarakat setempat yang bersangkutan.
Kriteria
tersebut dapat digunakan untuk membedakan antara bermacam-macam jenis
masyarakat setempat yang sederhana dan modern, serta masyarakat pedesaan dan
perkotaan.
3.
Masyarakat
Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan
Masyarakat Pedesaan(rural community)
adalah suatu masyarakat mempunyai hubungan yang lebih erat dan lebih mendalam
ketimbang hubungan mereka dengan warga masyarakat pedesaan lainnya.
Masyarakat perkotaan(urban community)
adalah masyarakat yang tidak tentu jumlah penduduknya.
Perbedaan
antara masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan
Masyarakat
Pedesaan
|
Masyarakat
Perkotaan
|
Warga memiliki hubungan
yang lebih erat.
|
Jumlah
penduduknya tidak tentu
|
Sistem kehidupan
biasanya berkelompok atas dasar kekeluargaan
|
Bersifat
individualistis
|
Umumnya hidup dari
pertanian
|
Pekerjaan
lebih bervariasi, lebih tegas batasannya dan sulit mencari pekerjaannya
|
Golongan orang tua
memegang peranan penting
|
Perubahan
sosial terjadi secara cepat, menimbulkan konflik antara golongan muda dengan
golongan orang tua
|
Dari sudut pemerintahan,
hubungan antara penguasa dan rakyat bersifat informal
|
Interaksi
lebih disebabkan faktor kepentingan daripada faktor pribadi
|
Perhatian masyarakat
lebih pada keperluan utama kehidupan
|
Perhatian
lebih pada penggunaan kebutuhan hidup yang dikaitkan dengan masalah prestise
|
Kehidupan keagamaan
lebih kental
|
Kehidupan
keagamaan lebih longgar
|
Banyak berurbanisasi ke
kota ada faktor yang menari dari kota
|
Banyak
migran yang berasal dari daerah dan berakibat negatif di kota, yaitu
pengangguran, naiknya kriminalitas, persoalan rumah, dan lain-lain
|
10
F.
Kelompok-kelompok
Kecil (Small Group)
Small
group adalah suatu kelompok yang teoretis terdiri paling sedikit dari dua
orang, yang saling berhubungan untuk
memenuhi tujuan tertentu dan yang menganggap hubungan itu sendiri, penting
baginya. Akhir-akhir ini para sosiolog
banyak menaruh perhatian pada penelitian
small group karena hal berikut:
1.
Penelitian terhadap small group
merupakan hal yang penting sebab kelompok-kelompok kecil mempunyai pengaruh
yang besar terhadap perilaku sehari-seharinya individu.
2.
Dalam kelompom-kelompok kecil, pertemuan
antara kepentingan sosial dengan kepentingann individu, berlangsung secara
tajam.
3.
Small group pada hakikatnya merupakan
sel yang menggerakkan suatu organisme yang dinamakan masyarakat.
4.
Kelompok-kelompok kecil merupakan bentuk
khusus dalam kerangka sistem sosial secara keseluruhan.
Penelitian terhadap small group
memberikan beberapa keuntungan , yaitu :
1. Individu
di pandang sebagai bagian dari kelompok yang juga merupakan bagian dari
masyarakat secara keseluruhan.
2. Dengan
adanya penelitian terhadap small group , dipergunakan metode baru dalam
meneliti kelompok-kelompok sosial.
3. Untuk
kepentingan percobaan-percobaan ilmiah,
para peneliti embentuk kelompok-kelompok tertentu untuk membuktikan
kebenaran-kebenran hipotesnya.
G. Dinamika Kelompok Sosial
Setiap
kelompok sosial pasti mengalami perkembangan serta perubahan. Perubahan dalam
setiap kelompok sosial, ada yang mengalami perubahan secara lambat dan adapula
yang secara cepat. Didalam dinamika kelompok, mungkin terjadi antagonisme antar
kelompok.apabila terjadi peristiwa tersebut, secara hipotesis prosesnya sebagai
berikut :
1.
Bila dua kelompok bersaing, maka akan
timbul stereotip
2.
Kontak antara dua kelompok yang
bermusuhan tidak akan mengurangi sikap tindak bermusuhan tersebut
3.
Tujuan yang harus dicapai dengan
kerjasama akan dapat menetralkan sikap tindak bermusuhan
4.
Di dalam kerjasama mencapai tujuan,
stereotip yang semula negatif menjadi positif.
11
BAB IV
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
A. Pengantar
Kata
“kebudayaan” bersal dari bahasa Sanskerta buddhayahyang merupakan bentuk jamak
kata “buddhi” yang berartibudi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai “hal-hal
yang bersangkutan dengan budi atau akal”. Adapun istilah culture merupakan
istilah bahasa asing yang artinya kebudayaan berasal dari kata latin colere.
B. Unsur-unsur Kebudayaan
Unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal, yaitu :
1. Peralatan
dan perlengkapan hidup manusia(pakaian,perumahan,dsb)
2. Mata
pencaharian hidup dan sisitem-sistem ekonomi
3. Sistem
kemasyarakatan
4. Bahasa(lisan
mauoun tertulis)
5. Kesenian(seni
rupa, seni suara, seni gerak, dan sebagainya)
6. Religi(sistem
kepercayaan)
C. Fungsi Kebudayaan bagi Masyarakat
Kebudayaan
mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. fungsi kebudayaan
sangat besar bagi manusia,yaitu untuk melindungi diri terhadap alam,mengaturhubungan
antarmanusia dan sebagai wadah segenap perasaan manusia.
D.
Sifat Hakikat
Kebudayaan
Sifat
hakikat kebudayaan sebagai berikut :
1.
Kebudayaaan terwujud dan tersalurkan
lewat perilaku manusia
2.
Kebudayaan telah ada terlebih dahulu
sebelum lahirnya suatu generasi tertentu dan tidak akan mati dengan habisnya
usia generasi yang bersangkutan
3.
Kebudayaan diperlukan oleh manusia dan
diwujudkan tingkah lakunya
4.
Kebudayaan mencakup aturan yang berisikan
kewajiban, tindakan yang diterima dan ditolak,tindakan yang dilarang dan yang
diizinkan.
12
E. Kepribadian dan Kebudayaan
Kepribadian
merupakan organisasi faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari
perilaku individu. Kepribadian mencakup kebiasaan, sikap dan sifat yang lain
yang khas dimiliki seseorang yang berkembang apabila orang berhubungan dengan
orang lain.
KEBUDAYAAN
|
MASYARAKAT
|
KEPRIBADIAN
|
INDIVIDU
DAN PERILAKUNYA
|
Tipe-tipe
kebudayaan khusus yang nyata memengaruhi bentuk kepribadian, yaitu :
1.
Kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan
2.
Cara hidup di kota dan di desa yang
berbeda(urban dan rural ways of life)
3.
Kebudayaan khusus atas dasar agama
4.
Kebudayaan berdasarkan profesi
F. Gerak Kebudayaan
Gerak
kebudayaan adalah gerak manusia yang hidup didalam masyarakat yang menjadi
wadah kebudayaan. Gerak manusia terjadi sebab dia mengadakan hubungan-hubungan
dengan manusia lainnya. Artinya karena terjadinya hubungan antar kelompok
manusi didalam masyarakat.
Beberapa
maslah yang menyangkut proses akulturasi adalah :
1.
Unsur-unsur kebudayaan asing manakah
yang mudah diterima
2.
Unsur-unsur kebudayaan asing manakah
yang sulit diterima
3.
Individu-individu manakah yang cepat
menerima unsur-unsur yang baru
4.
Ketegangan-ketegangan apakah yang timbul
sebagai akibat akulturasi tersebut.
13
BAB V
LEMBAGA KEMASYARAKATAN
(LEMBAGA SOSIAL)
A.
Pengantar
Lembaga
kemasyarakatan merupakan terjemahan langsung dari istilah asing social-institution.
Akan tetapi, hingga kini belum ada kata sepakat mengenai istilah Indonesia yang
dengan tepat dapat menggambarkan isi social-institution tersebut. Istilah lain
yang diusulkan adalah bangunan sosial yang mungkin merupakan terjemah dari
istilah Soziale-Gebilde (bahasa jerman), yang lebih jelas menggambarkan bentuk
dan susunan social institution tersebut. Disini akan digunakan istilah lembaga
kemasyarakatan karena pengertian lembaga lebih menunjuk pada sesuatu bentuk,
sekaligus juga mengandung pengertian yang abstrak perihal adanya norma-norma
dan peraturan-peraturan tertentu yang menjadi ciri lembaga tersebut.
B.
Proses Pertumbuhan
Lembaga Kemasyarakatan
1.
Norma-norma
Masyarakat
Norma-norma yang
ada di dalam masyarakat, mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda-beda. Pada
yang terakhir, umumnya anggota-anggota masyarakat pada tidak berani
melanggarnya.
Untuk dapat
membedakan kekuatan mengikat norma-norma tersebut, secara sosiologis dikenal
adanya empat pengertian, yaitu:
1.
Cara (usage) menunjuk pada suatu perbuatan
2.
Kebiasaan (folkways) adalah
perbuatan yang di ulang-ulang dalam bentuk yang sama.
3.
Tata kelakuan (mores) merupakan kebiasaan
yang dianggap sebagai cara berperilaku dan diterima norma-norma pengatur
4.
Adat-istiadat (custom) adalah tata
kelakuan yang kekal serta kuat integrasinya dengan pola-pola perilaku
masyarakat.
Suatu
norma tertentu dikatakan telah melembaga (institutionalized), apabila norma
tersebut: Diketahui, Dipahami/dimengerti, ditaatidan dihargai.
2. Sistem pengendalian Sosial(Social Control)
Sistem
pengendalian sosial sering kali diartikan sebagai pengawasan oleh masyarakat
terhadap jalannya pemerintahan, khususnya pemerintah beserta aparaturnya. Pengendalian
sosial bertujuan untuk mencapai keserasian antara stabilitas dengan
perubahan-perubahan dalam masyarakat.
Agar
anggota masyarakat taat pada norma yang
berlaku, diciptakan sistem pengendalian sosial yang bersifat :
1.
Preventif/positif
2.
Represif/ negatif
14
C. Ciri-ciri Umum Lembaga Kemasyarakatan
Menurut
Gillin dan Gillin , lembaga kemasyarakatan mempunyai bebrapa ciri umum, yaitu
sebagai berikut :
1.
Suatu lembaga kemasyarakatan adalah
suatu organisasi pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui
aktivitas kemasyarakatan.
2.
Suatu tingkat kekekalan tertentu
merupakan ciri semua lembaga kemasyarakatan
3.
Lembaga kemasyarakatan mempunyai satu
atau beberapa tujuan tertentu
4.
Lembaga kemasyarakatan mempunyai alat
perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan
5.
Lambang biasanya juga merupakan ciri
khas lembaga kemasyarakatan
6.
Suatu lembaga kemasyarakatan mempunyai
suatu tradisi tertulis atau yang tak tertulis .
D. Tipe-tipe Lembaga Kemasyarakatan
Tipe-tipe
lembaga kemasyarakatan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1.
Dari sudut perkembangannya
a.
Crescive Institutions
b.
Enacted Institutions
2.
Dari susut sistem nilai-nilai yang
diterima masyarakat
a.
Basic Institutions
b.
Subsidiary Institutions
3.
Dari sudut penerimaan Masyarakat
a.
Approved-socially santctioned
Institutions
4.
Dari sudut penyebarannya
a.
General Institutions
b.
Regulative Institutions
5.
Dari sudut fungsinya
a.
Operative Institutions
b.
Restricted Institutions
15
E. Cara-cara Mempelajari Lembaga
Kemasyarakatan
Cara-cara pendekatan
atau mempelajari lembaga kemasyarakatan dapat dirinci ke dalam :
1.
Analisis historis : untuk meneliti
sejarah timbul dan perkembangan suatu lembaga kemasyarakatan tertentu
2.
Analisis komparatif : menelaah suatu
lembaga kemasyarakatan dalam berbagai masyarakat berlainan ataupun berbagai
lapisan sosial masyarakat tersebut.
3.
Analisis fungsional : menyelidiki dengan
jalan menganalisis hubungan antara lembaga-lembaga tersebut didalam suatu
masyarakat tertentu.
F. Conformity
dan Deviation
Conformity
berarti proses penyesuaian diri dengan masyarakat dengan cara mengindahkan
kaidah dan nilai-nilai masyarakat.
Deviation adalah penyimpangan
terhadap kaidah dan nilai-nilai dalam masyarakat.
Masalah
yang erat hubungannya dengan pengendalian sosial adalah conformity, yaitu
penyesuaian diri pada norma-norma dan nilai-nilai dalam suatu masyarakat.
Deviation yaitu penyimpangan terhadap norma-norma dan nilai-nilai ersebut.
Conformity biasanya sangat kuat dalam masyarakat yang tradisional, hal yang
sama pada masyarakat di kota-kota sering kali dianggap sebagai penghambat
kemajuan dan perkembangan . Robert K.Merton telah menelaah soal conformity dan
deviation dengan menciptakan diagram Merton. Sistematika itu menggolong-golongkan
tindakan-tindakan manusia, tujuannya, serta cara-cara mencapai tujuan tersebut.
16
BAB VI
LAPISAN MASYARAKAT (STRATIFIKASI SOSIAL)
A. Pengantar
Selama
dalam satu masyarakat ada sesuatu yang dihargai dan setiap masyarakat pasti
mempunyai sesuatu yang dihargainya, sesuatu itu akan menjadi bibit yang dapat
menumbuhkan adanya sistem lapisan dalam masyarakat itu. Sesuatu yang dihargai
di dalam masyarakat dapat berupa uang benda yang bernilai ekonomis atau mungkin
juga keturunan yang terhormat. Pelapisan sosial adalah pembedaan penduduk atau
masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat(secara hierarkis).
B.
Terjadinya
Lapisan Masyarakat
Pedoman
untuk meneliti pokok-pokok terjadinya proses lapisan dalam masyarakat
1.
Pada sistem pertentangan yang ada dalam
masyarakat, sistem demikian hanya mempunyai arti khusus bagi masyarakat
tertentu.
2.
Sistem lapisan dapat dianalisis dalam
arti-arti:
a.
Distribusi hak-hak istimewa yang objektif
seperti penghasilan, dll
b.
Kriteria sistem pertentangan dapat
berdasarkan kualitas pribadi, keanggotaan kelompok, kerabat tertentu milik,
wewenang dan kekuasaan
c.
Lambang-lambang kedudukan seperti
tingkah laku hidup, cara berpakaian,perumahan, keanggotaan pada suatu organisasi
C.
Sifat
Sistem Lapisan Masyarakat
Sifat
sistem lapisan di dalam suatu masyarakat dapat bersifat tertutup yaitu membatasi
kemungkinan pindahnya seseorang dari satu lapisan ke lapisan yang lain dan terbuka yaitu setiap anggota masyarakat
mempunyai kesempatan untuk berusaha dengan kecakapan sendiri untuk naik lapisan.
Pada umumnya sistem terbuka ini memberi perangsang yang lebih besar kepada
setiap anggota masyarakat untuk dijadikan landasan pembangunan masyarakat
daripada sistem yang tertutup.
D.
Kelas-kelas
Dalam Masyarakat(social Classes)
Kelas
sosial adalah orang atau keluarga yang sadar akan kedudukannya didalam suatu
lapisan, kedudukan mereka itu diketahu serta dikuti oleh masyarakat umum.
Beberapa
pendapat tentang Kelas Sosial:
Kurt B Mayer: Istilah
kelas hanya dipergunakan untuk lapisan yang bersandarkan unsur ekonomis, sedangkan
lapisan yang berdasarkan kehormatan
17
Max Weber: Membuat
pembedaan antara dasar ekonomis dan dasar kedudukan sosial, dan tetap
menggunakan istilah kelas bagi semua lapisan.
Joseph Schumpeter: Terbentuknya
kelas dalam masyrakat karena untuk menyesuaikan masyarakat dengan keperluan
yang nyata.
E.
Dasar
Lapisan Masyarakat
Ukuran-ukuran
yang biasa dipakai untuk menggolong-golongkan anggota masyarakat ke dalam
lapisan-lapisan adalah:
1.
Ukuran kekayaan(materil) 3. Ukuran kehormatan
2.
Ukuran Kekuasaan 4. Ukuran ilmu pengetahuan
F.
Unsur-unsur
Lapisan Masyarakat
Unsur-unsur
baku dalam sistem lapisan sosial dalam masyarakat adalah sebagai berikut:
1.
Kedudukan(status) : Kedudukan merupakan
tempat seseorang dalam suatu pola tertentu, dan seseorang dapat memiliki
beberapa kedudukan.
2.
Peranan(Role) : Peranan merupakan aspek
dinamis dari kedudukan, yaitu seseorang yang melaksanakan hak-hak dan
kewajibannya.
G.
Lapisan
yang Sengaja Disusun
Pada
sistem lapisan yang sengaja disusun terdapat berbagai cara untuk menentukan kedudukan seseorang. Misalnya dengan upacara
peresmian/ pengangkatan, sistem upah yang sesuai dengan golongan jabatan juga
wewenang dan kekuasaan disertai pembatasannya dalam pelaksanan. Chester
I.Barnard : membahas sistem lapisan yang sengaja disusun dalam organisasi
formal untuk mengejar suatu tujuan tertentu.
H.
Mobilitas
Sosial(Social Mobility)
1. Pengertian Umum dan Jenis-jenis
Gerak Sosial
Gerak
sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola-pola tertentu yang
mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Tipe-tipe gerak sosial 2 dua macam
yaitu gerak sosial horizontal yaitu
peralihan individu dari suatu kelompok sosial lainnya yang sederajat dan gerak sosial vertikal yaitu perpindahan
individu dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan lainnya yang tidak sederajat
18
2. Tujuan Penelitian Gerak Sosial
Para
sosiolog meneliti gerak sosial untuk mendapatkan keterangan perihal keteraturan
dan keluwesan struktur sosial. Para sosiolog mempunyai perhatian yang khusus
terhadap kesulitan-kesulitan yang seacararelatif dialami oleh individu-individu
dan kelompok-kelompok sosial dalam mendapatkan kedudukan terpandang oleh
masyarakat dan merupakan objek dari suatu persaingan.
3.
Beberapa
Prinsip Umum Gerak Sosial yang Vertikal
Prinsip-prinsip umum
yang sangat penting bagi gerak sosial vertikal, yaitu :
a. Hampir
tidak ada masyarakat yang sifat sistem lapisannya mutlak tertutup.
b. Tidak
mungkin gerak sosial yang vertikal dilakukan dengan sebebasnya.
c. Gerak
sosial vertikal yang umum berlaku bagi
semua masyarakat.
d. Gerak
sosial vertikal disebabkan oleh faktor ekonomi, politik serta pekerjaan.
e. Berdasarkan
bahan-bahan sejarah, khususnya dalam gerak sosial vertikal yang disebabkan
faktor-faktor ekonomis, politik, dan pekerjaan yang berbeda.
4.
Saluran
Gerak Sosial Vertikal
Saluran
gerak vertikal yang terpenting adalah angkatan bersenjata, lembaga keagamaan,
sekolah, organisasi politik, ekonomi, dan keahlian. Lembaga keagamaan merupakan
salah satu saluran penting dalam gerak sosial vertikal. Lembaga pendidikan
seperti sekolah, pada umumnya merupakan saluran kongret gerak sosial yang
vertikal.
I. Perlunya Sistem Lapisan Masyarakat
Masyarakat menghadapi dua persoalan, yaitu (1),
menempatkan individu-individu tersebut dan ke(2) mendorong agar mereka
melaksanakan kewajibannya. Ada sistem lapisan masyarakat karena gejala tersebut
sekaligus memecahkan persoalan yang dihadapi masyarakat yaitu penempatan
individu dalam tempat-tempat yang tersedia dalam struktur sosial dan
mendorongnya agar melaksanakan kewajiban yang sesuai dengan kedudukan serta
peranannya.
19
BAB
VII
KEKUASAAN,
WEWENANG DAN
KEPEMIMPINAN
A. Pengantar
Perbedaan
antara kekuasaan dengan wewenang ialah bahwa setiap kemampuan untuk memengaruhi
pihak lain dapat dinamakan kekuasaan. Sementara itu, wewenang adalah kekuasaan
yang ada pada seseorang atau se kelompok orang, yang mempunyai dukungan atau
mendapat pengakuan dari masyarakat.
B. Hakikat Kekuasaan dan Sumbernya
Sifat dan
hakikat kekuasaan
1.
SIMETRIS
(hubungan persahabatan, hubungan sehari-hari, hubungan yang bersifat ambivalen,
Pertentangan antara mereka yang sejajar kedudukannya)
2.
ASIMETRIS(popularitas,
peniruan, mengikuti perintah, tunduk pada pemimpin formal atau informal, tunduk
pada seorang ahli, pertentangan antara mereka yang tidak sejajar kedudukannya,
hubungan sehari-hari)
Sumber
kekuasaan
1. SUMBER
(Militer/ polisi/kriminal, ekonomi, politik, hukum, tradisi, ideologi“diversionary
power”).
2. KEGUNAAN
(Pengendalian kekerasan , mengendalikan tanah/ buruh/ kekayaan material/
produksi, pengambilan keputusan, mempertahankan/ melancarkan interaksi,vsistem
kepercayaan nilai-nilai, pandangan hidup, kepetingan rekreatif)
Kekuasaan
Tertinggi dalam masyarakat dinamakan pula kedaulatan (sovereignity) yang
biasanya dijalankan oleh segolongan kecil masyarakat. Oleh Gaetano Mosca, disebut
the rulling class.
C. Unsur-unsur Saluran Kekuasaan dan
Dimensinya
Kekuasaan
yang dapat di jumpai pada interaksi sosial antara manusia maupun antar kelompok
mempunyai beberapa unsur pokok, yaitu:
1.
Rasa takut (menimbulkan kepatuhan
terhadap segala kemauan orang yang ditakuti)
2.
Rasa cinta(pihak yang berkuasa untuk
menyenangkan semua pihak)
3.
Kepercayaan (dapat timbul sebagai hasil
hubungan langsung yang asosiatif).
4.
Pemujaan (seseorang yang memegang
kekuasaan mempunyai dasar pemujaan dari orang lain.akibatnya adalah segala
tindakan penguasa di benarkan)
20
Kekuasaan
didalam pelaksanaanya dijalankan melalui saluran-saluran tertentu.
Saluran-saluran tersebut diantaranya sebagai berikut:
a. Saluran
militer c. Saluran politik e. Saluran
ideologi
b. Saluran
ekonomi d. Saluran
tradisional f. Saluran lainnya
D. Cara-cara Mempertahankan Kekuasaan
Cara-cara
mempertahankan kekuasaan:
1.
Dengan meninggalkan segenap peraturan
lama, terutama dalam bidang politik, yang merugikan kedudukan penguasa
2.
Mengadakan sistem-sistem kepercayaan
3.
Pelaksanaan administrasi dan birokrasi
yang baik
4.
Mengadakan konsolidasi secara horizontal
dan vertikal
Cara Memperkuat kedudukan
1.
Menguasai bidang-bidang kehidupan
tertentu
2.
Penguasan bidang kehidupan dalam
masyarakat yang dilakukan dengan paksa
E. Beberapa Bentuk Lapisan Kekuasaan
Menurut
Maclver, ada tigapola umum sistem lapisan kekuasaan, yaitu :
1.
Tipe kasta (sistem lapisan kekuasaan
dengan garis pemisah yang tegas dan kaku)
2.
Tipe oligarkis masih mempunyai garis pemisah yang tegas. Akan
tetapi, dasar pembedaan kelas sosial ditentukan oleh kebudayaan masyrakat.
3. Tipe
demokratis menunjukkan kenyataan akan adanya garis pemisah.
F. Wewenang
Max
Weber, wewenang: suatu hak yang telah ditetapkan dalam suatu tata tertib
sosialuntuk menetapkan kebijaksanaan, menentukan keputusan mengenai persoalan
yang penting. Wewenang ada beberapa bentuk, yaitu :
1. Wewenang Kharismatis,
Tradisional,dan Rasional(Legal)
Wewenang kharismatis
merupakan wewenang yang didasarkan pada kharisma, yaitu suatu kemampuan khusus
yang ada pada diri seseorang.Contohnya Nabi, para Rasul, dan lain-lain. Wewenang Tradisional dimiliki oleh
orang-orang yamng menjadi anggota kelompok,yang sudah lama sekali mempunyai
kekuasaan didalam suatu masyarakat. Wewenang
Rasional atau Legal adalah wewenang yang disandarkan pada sistem hukum yang
berlaku dalam masyarakat.
21
2. Wewenang Resmi dan Tidak Resmi
Sering
kali wewenang yang berlaku dalam kelompok-kelompok kecil disebut sebagai
wewenang tidak resmi karena bersifat spontan,situasional dan didasarkan pada
faktor saling mengenal. Wewenang resmi sifatnya sistmatis, diperhitungkan dan
rasional, wewenag tersebut sering dijumpai pada kelompok-kelompok besar yang
memerlukan aturan-aturan tata tertib yang tegas dan bersifat tetap.
3. Wewenang
Pribadi dan Teritorial
Wewenang
pribadi sangat tergantung pada solidaritas antara anggota-anggota kelompok, dan
unsur kebersamaan sangat memegang peranan. Wewenang teritorial,wilayah tempat
tinggal memegang peranan yang sangat penting.
4.
Wewenang
Terbatas dan Menyeluruh
Wewenang
Terbatas adalah wewenang tidak mencakup semua bidang kehidupan, tetapi hanya
terbatas pada salah satu sektor atau bidang saja. Wewenang menyeluruh adalah
wewenang yangtidak dibatasi oleh bidang kehidupan tertentu.
G. Kepemimpinan(Leadership)
1.
Umum
Kepemimpinan(Leadership)
adalah kemampuan pemimpin untuk memengaruhi pengikut-pengikutnya sehingga
pengikutnya tersebut bertingkah laku sebagaimana dikehendaki oleh pemimpin
tersebut. Kepemimpinan (Leadership) ada yang bersifat resmi (formal) dan tidak
resmi (informal).
2. Perkembangan Kepemimpinan dan
Sifat-sifat Seorang Pemimpin
Sejak
mula terbentuknya suatu kelompok sosial, seseorang diantara warganya melakukan
peranan yang lebih aktif daripada rekannya sehingga seseorang tampak lebih
menonjol dari lainnya.Itulah asal timbulnya kepemimpinan yang kebanyakan timbul
dan berkembang dalam struktur sosial yang kurang stabil.
Menurut mitologi Indonesia beberapa sifat yang harus
dimiliki oleh seorang pemimpin , diantaranya:
a. Indra
Brata c. Surya Brata e.
Dhana Brata g. Agni Brata
b. Yama
Brata d. Caci Brata f. Paca Brata
22
3.
Kepemimpinan
Menurut Ajaran Tradisional
Ajaran tradisional
seperti di Jawa menggambarkan tugas seorang pemimpin melalui pepatah berikut :
Ing
ngarsa sang tulada (Di muka memberi tauladan)
Ing
madya mangun karsa ( Di tengah-tengah membangun semangat)
Tut
Wuri Handayani ( Dari belakang memberikan pengaruh)
Pepatah tersebut
digunakan oleh alm. Ki Hajar Dewantara.
4.
Sandaran
Kepemimpinan dan Kepemimpinan yang Dianggap Efektif
Seorang pemimpin harus
mempunyai sandaran-sandaran kemasyarakatan atau social basis. Masyarakat yang
agraris belum ada spesialis biasanya kepemimpinan meliputi seluruh bidang
kehidupan masyarakat.
5.
Tugas
dan Metode
Secara sosiologis,
tugas-tugas pokok seorang pemimpin
adalah :
a. Memberikan
suatu kerangka pokok yang jelas
b. Mengawasi,
mengendalikan serta menyalurkan perilaku warga masyarakat
c. Bertindak
sebagai wakil kelompok kepada dunia diluar
Suatu
kepemimpinan dapat diterapkan dengan berbagai metode atau cara. Cara-cara
tersebut, yaitu :
a. Cara-cara
otoriter
b. Cara
demokratis
c. Cara
bebas
23
BAB VIII
PERUBAHAN SOSIAL DAN KEBUDAYAN
A.
Pengantar
Perubahan Sosial adalah
segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang
memengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola
perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
B.
Pembatasan Pengertian
1.
Definisi
Maclver : perubahan sosial
dikatakannya sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai
perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.
Gillin dan Gillin : perubahan
sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik
karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk
ideologi maupun karena adanya diifusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam
masyarakat.
Selo Soemardjan : perubahan pada
lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem
sosialnya, termasuk didalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok
dalam masyarakat.
2.
Teori-teori
Perubahan Sosial
Teori yang berkaitan dengan arah
perubahan sosial telah diringkas Moore dalam bentuk diagram sederhana .
C.
Hubungan antara
Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan
Tidak ada masyarakat yang tidak
mempunyai kebudayaan, dan sebaliknya tidak mungkin ada kebudayaan yang tidak
terjelma dalam suatu masyarakat. Hal itu
mengakibatkan bahwa garis pemisah dalam kenyataan hidup antara perubahan sosial
dan kebudayaan lebih sukar lagi untuk ditegaskan. Biasanya antara kedua gejala
itu dapat ditemukan hubungan timbal balik sebagai sebab dan akibat.
D.
Beberapa Bentuk
Perubahan Sosial dan Kebudayaan
Bentuk-bentuk
perubahan , yaitu :
1. Perubahan
lambat dan perubahan cepat
2. Perubahan
kecil dan perubahan besar
3. Perubahan
yang dikhendaki(intended change) atau perubahan yang direncanakan(planned
change) dan perubahan yang tidak dikehendaki(unintended change) atau perubahan
yang tidak direncanakan( unplanned change).
E.
Faktor-faktor
yang Menyebabkan Perubahan Sosial dan Kebudayaan
Faktor-faktor
yang menyebabkan perubahan sosial dan kebudayaan adalah:
1.
Sebab yang bersumber dalam masyarakat
itu sendiri:
v Bertambah
atau berkurangnya penduduk
v Penemuan-penemuan
baru
v Pertentangan-pertentangan
dalam masyarakat
v Terjadinya
pemberontakan atau revolusi didalam tubuh masyarakat itu sendiri
2.
Sebab-sebab yang berasal dari luar
masyarakat:
v Sebab-sebab
yang berasal dari lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia
v Peperangan
dengan negara lain
v Pengaruh
kebudayaan masyarakat lain
25
F.
Faktor-faktor
yang Memengaruhi Jalannya Proses Perubahan
1. Faktor-faktor yang Mendorong
Jalannya Proses Perubahan
a).
Kontak dengan kebudayaan lain
b).
Sistem pendidikan yang maju
c).
Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju
d).
Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan menyimpang
e).
Sistem lapisan masyarakat yangterbuka
f).
Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu
h).
Nilai meningkatkan taraf hidup
2. Faktor-faktor yang Menghambat
terjadinya Perubahan
a).
Kurangnya
hubungan dengan masyarakat-masyarakat lain
b).
Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
c).
Sikap masyarakat yang tradisional
d).
Adanya kepentingan yang telah tertanam dengan kuat atau vested interest
e).
Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
f).
Prasangka terhadap hal-hak yang baru
h).
Kebiasaan
i).
Nilai pasrah
G. Proses-proses Perubahan Sosial dan
Kebudayaan
1.
Penyesuaian
Masyarakat terhadap Perubahan
Keserasian atau harmoni dalam masyarakat
merupakan keadaan yang diidam-idamkan setiap masyarkat. Keserasian masyarakat
dimaksudkan sebagai suatu keadaan di mana lembaga kemasyarakatan yang poko
benar-benar berfungsi dan saling mengisi.
2.
Saluran-saluran
perubahan Sosial dan Kebudayaan
Saluran-saluran perubahan sosial dan
kebudayaan(avenue or channel of change) merupakan saluran-saluran yang dilalui
oleh suatu proses perubahan. Umumnya saluran-saluran tersebut adalah
lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam bidang pemerintahan, ekonomi,pendidikan,
agama, rekreasi dan seterusnya.
3.
Disorganisasi(Disintegrasi)
dan Reorganisasi(Reintegrasi)
a.
Pengertian
Disorganisasi(Disintegrasi) adalah suatu
proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat karena
perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.
Reorganisasi(Reintegrasi) adalah suatu
proses pembentukan norma-norma dan nilai-nilai baru agar serasi dengan
lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.
26
b.
Suatu
Gambaran Mengenai Disorganisasi dan Reorganisasi
Gambaran mengenai disorganisasi
dan reorganisasi dalam masyarakat pernah dilukiskan oleh William .I.Thomas dan
Florian Znaniecki dalam karya klasiknya yang berjudul The Polish Peasant in Europe and America.Thomas dan Znaniecki
menggambarkan betapa Polandia yang pindah dari Eropa ke Amerika merupakan
bagian dari masyarakat yang tradisionaldan di Amerika mereka berhadapan dengan
masyrakat modern. Timbullah disorganisasi , misalnya dalam keluarga batih.
Orang tua diEropa mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap anak-anaknya, tetapi
di Amerika kekuasaan menjadi pudar dan melemah. Dan dalam reorganisasi,
timbullah norma-norma baru yang mengatur hubungan orang tua dengan anak-anak.
c.
Ketidakserasian
Perubahan-perubahan dan Ketertinggalan Budaya (Cultural Lag).
Suatu teori yang terkenal di dalam
sosiologi mengenai perubahan dalam masyarakat adalah teori ketertinggalan
budaya(Cultural Lag)dari William Fougburn. Teori tersebut mulai dengan
kenyataan bahwa pertumbuhan kebudayaan tidak selalu sama cepatnya dalam
keseluruhannya seperti yang diuraikan sebelumnya, tetapi ada bagian yang tumbuh
cpat, dan tumbuh lambat.
H.
Arah
Perubahan (Direction Of Change)
Arah atau Gerak
perubahan adalah bergerak meninggalkan faktor yang diubah . akan tetapi,
setelah meninggalkan faktor itu, mungkin perubahan bergerak kepada sesuatu
bentuk yang sama sekali baru, atau mungkin pula bergerak kearah suatu bentuk
yang sudah ada didalam waktuyang lampau.
I.
Modernisasi
Di dalam proses modernisasi tercakup
suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern
dalam artian teknologis serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan
politis yang menjadi ciri negara-negara Barat yang stabil.
Syarat-syarat modernisasi :
1. Cara
berpikir yang ilmiah
2. Sistem
administrasi negara yang baik
3. Adanya
sistem pengumpulan data yang baik dan teratur
4. Penciptaan
iklim yang favorable dari masyarakat
5. Tingkat
organisasi yang tinggi
6. Sentralisasi
wewenang dalam pelaksanaan social planning.
27
BAB
IX
MASALAH
SOSIAL DAN MANFAAT
SOSIOLOGI
A.
Pengantar
Masalah sosial menyangkut
nilai sosial yang mencakup pula segi moral. Karena untuk dapat
mengklasifikasikan suatu persoalan sebagai masalah sosial, harus digunakan
penilaian sebagai pengukurannya. Apabila suatu masyarakat menganggap sakit
jiwa, bunuh diri,perceraian sebagai masalah sosial, masyarakat tersebut tidak
semata-mata menunjuk pada tata kelakuan
yang menyimpang. Akan tetapi, sekaligus juga mencerminkan ukuran umum mengenai
segi moral.
B. Masalah Sosial, Batasan dan
Pengertian
Masalah sosial
menyangkut nilai-nilai sosial dan moral. Masalah tersebut merupakan persoalan
karena menyangkut tata kelakuan yang immoral, berlawanan dengan hukum dan
bersifatmerusak. Oleh sebab itu , masalah-masalah sosial tak akan mungkin
ditelaah tanpa mempertimbangkan ukuran-ukuran masyarakat mengenai baik atau
buruk. Sosiologi menyangkuut teori yang hanya dalam batas tertentu menyangkut
nilai sosialdan moral, yang terpokok adalah aspek ilmiahnya.
C. Klasifikasi Masalah Sosial dan
Sebab-sebabnya
Klasifikasi masalah
sosial berdasarkan sumber-sumbernya, yaitu :
1. Ekonomis
2. Biologis
3. Biopsikologis
4. Kebudayaan
Klasifikasi yang berbeda mengadakan
penggolongan atas dasar kepincangan dalam warisan fisik, warisan biologis,
warisan sosial, dan kebijaksanaan sosial.
D. Ukuran-ukuran Sosiologis terhadap
Masalah Sosial
Ukuran dalam sosiologi
suatu masalah merupakan masalah sosial adalah :
1. Tidak
adanya kesesuaian antara ukuran/nilai sosial dengan kenyataan/tindakan sosial.
2. Sumber
sosial dari masalah sosial, yaitu merupakan akibat dari suatu gejala sosial atau
bukan, yang menyebabkan masalah sosial , contohnya: gagak panen(bukan gejala
sosial tapi masalah sosial)
3. Pihak
yang menetapkan apakah suatu kepincangan merupakan gejala sosial atau tidak,
tergantung dari karakteristik masyarakat
4. Manifest
social problems dan latent social problems
5. Perhatian
masyarakat dan masalah sosial
6. Sistem
nilai dan dapatnya suatu masalah sosial diperbaiki
28
E. Beberapa Masalah Sosial Penting
Beberapa
masalah sosial yang penting adalah :
1. Kemiskinan(tidak
sanggup memelihara dirinya sendiri dan tidak mampu memanfaatkan tenaga
mental/fisik)
2. Kejahatan
3. Diorganisasi
keluarga(perpecahan dalam keluarga sebagai unit)
4. Masalah
generasi muda
5. Peperangan
6. Pelanggaran
terhadap norma-norma masyarakat
7. Masalah
kependudukan
8. Masalah
lingkungan
9. Birokrasi
F. Pemecahan Masalah Sosial
Ada
metode-metode dalam pemecahan masalah yaitu, metode yang bersifat preventif dan
represif. Metode preventif lebih sulit dilaksanakan karena harus didasarkan
pada penelitian yang mendalam. Metode represif lebih banyak digunakan, artinya,
setelah suatu gejala dapat dipastikan sebagai masalah sosial, baru diambil
tindakan untuk mengatasinya.
G. Perencanaan Sosial( Social
Planning)
Menurut
sosiologi, suatu perencanaan sosial harus didasarkan pada pengertian yang
mendalam tentang bagaimana kebudayaan berkembang dari taraf yang rendah ke
taraf yang modern dan kompleks dimana dikenal industri, peradaban kota. Selain
itu, harus pula ada pengertian terhadap hubungan manusia dengan alam sekitar,
hubungan antara golongan dalam masyarakat dan pengaruh-pengaruh penemuan baru
terhadap masyarakat dan kebudayaan.
Menurut
Ogburn dan Nimkoff, prasyarat suatu perencanaan sosial yang efektif adalah:
1. Adanya
unsur modern dalam masyarakat yang mencakup suatu sistem ekonomi di mana telah dipergunakan
uang, urbanisasi yang teratur, inteligensia di bidang teknik, ilmu pengetahuan
dan suatu sistem administrasi yang baik
2. Adanya
sistem pengumpulan keterangan dan analisis yang baik
3. Terdapatnya
sikap publik yang baik terhadap usaha-usaha perencanaan sosial
4. Adanya
pimpinan ekonomis dan politik yang progresif.
29
H. Tokoh-tokoh yang Memengaruhi
Perkembangan Ilmu Sosiologi
Tokoh-tokoh
yang Memengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi diantarnya :
1.
Auguste
Comte(1798-1857)
Auguste Comte, berasal dari perancis,
merupakan bapak Sosiologi yang pertama memberi nama pada ilmu tersebut,
walaupun ia tidak menguraikan secara rinci masalah yang menjadi objek
sosiologi, tetapi ia mempunyai anggapann bahwa sosiologi terdiri dari dua
bagian pokok, yaitu social statistics dan social dynamics. Hasil karya Comte
yang terutama adalah:
a. The
Scientific Labors Necessary for Reorganization of Society(1822)
b. The
Positive Philosophy (6 jilid 1830-1840)
c. Subjective
Synthesis(1820-1903)
2.
Herbert
Spencer(1820-1903)
Dalam bukunya yang berjudul The
Principles of Sosiology(3 jilid 1877), Spencer menguraikan materi sosiologi
secara rinci dan sistematis. Spencer mengatakan bahwa objek sosiologi yang
pokok adalah keluarga, politik, agama, pengendalian sosial, dan industri. Yang
sekunder adalah asosiasi, masyarakat setempat, lapisan sosial, serta penelian
terhadap kesenian dan keindahan.
Hasil karyanya yang terkenal yaitu :
a. Social
Statistics(1850)
b. Principles
of Psychology(1955)
c. Principles
of Biology( 2 jilid, 1864 dan 1961)
d. Principles
of Ethics(1953-1893)
3.
Emile
Durkheim(1858-1917)
Menurut
Emile, sosiologi meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses sosial.
Hasil karyanya yang terkemuka yaitu :
a. The
Social Division of Labor(1893)
b. The
Rule of Sociology Method(1895)
c. The
Elementary Forms of Religious Life (1912)
4.
Max
Weber
Max
Weber,seoarng Jerman, berusaha memberikan pengertian mengenai manusia dan
sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial.
Karyanya
antara lain:
a. The
History of Trading Companies During the Moddle Ages(1889)
b. Economy
and Society(1920)
c. Collected
Essays on Sociology of Religion ( 3 jilid 1921)
5.
Charles
Horton Cooley(1864-1929)
Seorang Amerika, Charles Horton, mengembangkan
konsepsi mengenai hubungan timbal balik dan hubungan yang tidak terpisahkan
antara individu dengan masyarakat.
30
Hasil karyanya sebagai
berikut:
a.
Human
Nature and Social Order(3 jilid 1902)
b. Social
Organization(1909)
c. Social
Process(1918)
6.
Georg
Simmel (1858-1918)
Menurut Georg Simmel, sosiologi
merupakan ilmu pengetahuan khusus, yaitu satu-satunya ilmu pengetahuan
analistik yang abstrak diantara semua ilmu pengetahuan kemasyarakatan.
Diantara hasil-hasil karyanya, yaitu :
a. Concerning
Social Differentiation(1890)
b. Sociology,
studies of the Forms of Socialization(1908)
c. Basic
Problems of Sociology ( 1917)
I.
Manfaat
Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan
1.
Pengantar
Pembangunan merupakan
suatu proses perubahan di segala bidang kehidupan yang dilakukan secara sengaja
berdasarkan suatu rencana tertentu . Proses pembangunan terutama bertujuan
untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik secara spiritual, maupun
material.
2.
Manfaat
Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan
Apabila pembicaraan
mengenai manfaat penelitian sosiologis dibatasi pada kaitannya dengan
tahap-tahap pembangunan, pada tahap perencanaan di perlukan data yang relatif
lengkap, data tersebut mencakup hal sebagai berikut:
a. Pola
interaksi sosial
b. Kelompok-kelompok
sosial yang menjadi bagian masyarakat
c. Kebudayaan
yang berintikan pada nilai-nilai
d. Lembaga-lembaga
sosial
e. Stratifikasi
sosial
Hal ini penting untuk dapat
mengidentifikasikan pihak yang dapat dijadikan pelopor pembangunan atau panutan
bagi pembangunan.
Pada
tahap penerapan atau pelaksanaan, perlu diadakan identifikasi terhadap kekuatan
sosial. Dalam tahap penerapan atau pelaksanaan, penelitian mengenai perubahan
sosial juga penting. Pada tahap evaluasi dapat diadakan penilaian dengan
menggunakan beberapa ilmu pengetahuan.
31
BAB X
PENUTUP
A.
Pengantar
Sebagai bagian dari ilmu pengetehuan dan
masyarakat,sosiologi ikut berkembang serta mengalami peristiwa-peristiwa
tertentu maupun pelbagai masa krisis. Lynd dan Mills menyajikan
pendapat-pendapatnya di dalam buku Knowledge For What and The Sociological
Imagination.
Konsep-konsep yang dijelaskan di dalam
Bab I sampai dengan Bab IX, dapat dicoba untuk diterapkan sehingga akan tampak
kelemahan-kelemahannya yang harus diperbaiki. Contohnya sebagai berikut .
B.
Keterkaitan
“Public Speaking” dengan Sosiologi Komunikasi
Public Speaking atau berbicara kepada
umum merupakan suatu kegiatanyang berintikan pada interaksi sosial. Interaksi
sosial merupakan suatu hubungan di mana terjadi proses saling memengaruhi
antara para individu, individu dengan kelompok, maupun antarkelompok.
Seorang pembicara di muka umum mempunyai
kemampuanp-kemampuan,di antaranya:
1. Menyajikan
dengan bahasa yang sederhana, tetapi benar
2. Menyajikan
bahan secara sistematis
3. Menguasai
bahan yang disajikan dengan baik
4. Memberikan
contoh-contoh sederhana dari kehidupan sehari-hari
5. Menyesuaikan
diri dengan khalayak secara serta merta dan cepat
6. Tidak
menimbulkan ketegangan
7. Membentuk
opini yang positif
8. Berdiskusi
dengan lancar
9. Membimbing
khalayak ke arah kemampuan
10. Mengakui
keterbatasan pengetahuaannya
C.
Dampak
Pada Sistem Sosial Budaya
Secara etimologis, dampak berarti
pelanggaran, tubrukan, atau benturan. Oleh karena itu, dampak pada sistem
sosial budaya diartikan sebagai pelanggaran terhadap sistem sosial budaya. Hal
itu berarti bahwa dalam keadan-keadan tertentu terjadi masalah yang mengganggu
berfunsinya sistem sosial budaya tersebut. Hal ini akan dibahas dalam sub bab
ini dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Pendekatan sosiologis berarti
penggunaan konsep-konsep dasar sosiologis untuk menelaah suatu gejala tertentu.
Konsep-konsep dasar tersebut menyangkut seluruh proses pergaulan hidup dalam
wadah-wadah tertentu,misalnya dalam sistem kemasyarakatan.secara sosiologis, di
dalam setiap sistem kemasyrakatan terjadi hubungan antarpribadi, antarkelompok
maupun antar pribadi dengan kelompok.
32
D.
Tinjauan
Sosiologis mengenai Lingkungan Anak dan Remaja yang Menunjang Tumbuhnya
Motivasi dan Keberhasilan Studi Anak
Suatu tinjauan sosiologis berarti
sorotan yang didasarkan pada hubungan antarmanusia, hubungan antarkelompok
serta hubungan manusia dengan kelompok yang disebut dengan interaksi sosial, di
dalam interaksi sosial yang melibatkan anak dan remaja, terjadi proses sosialisasi.
Sosialisasi tersebut merupakan suatu kegiatan yang bertujuan agarpihak yang
dididik atau di ajak kemudian mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang
berlaku dan dianut oleh masyarakat.
Lingkungan-lingkungan yang mempengaruhi
tumbuhnya motivasi dan keberhasilan studi anak dan remaja, antara lain:
1. Orang
tua, saudara-saudara, dan kerabat dekat
2. Kelompok
sepermainan
3. Kelompok
pendidik (sekolah)
Orang tua sebenarnya merupakan
kunci motivasi dan keberhasilan studi anak dan remaja. Keberhasilan orang tua
di dalam menunjang motivasi dan keberhasilan studi terletak pada eratnya
hubungan antara anak-anaknya.
33
DAFTAR PUSTAKA
Soekanto,Soerjono, Sosiologi
Suatu Pengantar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010 Cet
ke-43
ini isi semua bukunya ka ?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskak boleh minta file nya langsung resume buku sosiologinya?
BalasHapus