Sabtu, 19 September 2015

RESUME PENGANTAR SOSIOLOGI


SOSIOLOGI
SUATU PENGANTAR

PENULIS : SOERJONO SOEKANTO

PERINGKAS : CUT ARLITA
NIM : 140240006

DOSEN PENGASUH : DR.NAZARUDDIN,SS.,M.Si 

 

   


i
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat  SWT atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya yang senantiasa dilimpahkan kepada kita semua. Selanjutnya, Selawat dan Salam kita sanjungkan kepangkuan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabat Beliau yang telah membawa kita ke alam yang berpengetahuan .
 Penyusun merasa bahagia dapat menyelesaikan sebuah buku dengan meresume, ringkasan buku ini berisi tentang “SOSIOLOGI Suatu Pengantar” adapun tujuan dari peringkasan buku ini  untuk memenuhi tugas mata kuliah Sosiologi.
Akhir kata “Tiada Gading yang Tak Retak” tiada manusia yang terlepas dari kesalahan. Penyusun menyadari adanya kekurangan dari ringkasan buku ini, maka dari itu, penyusun mengharap kritik dan saran . Semoga ringkasan buku ini bermanfaat. Wassalam
Buket Indah, 10 Desember 2014
Penyusun,

 Cut  Arlita


ii

DAFTAR ISI

Kata Pengantar                                                                                                                   i
Daftar Isi                                                                                                                              ii
BAB I Pendahuluan
A.    Pengantar ..................................................................................................    1
B.     Ilmu Pengetahuan dan Sosiologi .............................................................. 1
1.      Apakah Ilmu Pengetahuan(Science) ...................................................  1
2.      Ilmu-ilmu Sosial dan Sosiologi ...........................................................            2
3.      Definisi Sosiologi dan Sifat Hakikatnya .............................................          2
4.      Objek Sosiologi ...................................................................................  3
C.     Gambaran Ringkas Tentang Sejarah Teori-teori Sosiologi.......................        3
1.      Apakah Teori ?.....................................................................................  3
2.      Perhatian Terhadap Masyarakat sebelum Comte ................................         3
3.      Sosiologi Auguste Comte (1978-1853) ...............................................          3
4.      Teori-teori Sosiologi sesudah Comte...................................................           4
D.    Metode-metode dalam Sosiologi ..............................................................            4
E.     Perkembangan Sosiologi di Indonesia.......................................................           4
1.      Permulaan Sosiologi di Indonesia .......................................................           4
2.      Perkembangan Sosiologi Sesudah Perang Dunia ke II........................         4

BAB II PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL
A.    Pengantar ..................................................................................................    5
B.     Interakasi Sosial sebagai Faktor Utama Dalam kehidupan Sosial............        5
C.     Syarat-syarat Terjadinya Interaksi Sosial..................................................          5
D.    Kehidupan Yang Terasing ........................................................................ 5
E.     Bentuk-bentuk Interaksi Sosial..................................................................            5

BAB III KELOMPOK-KELOMPOK SOSIAL DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT
A.    Pengantar..................................................................................................     6
B.     Pendekatan Sosiologis terhadap kelompok-kelompok Sosial..................        6
C.     Tipe-tipe Kelompok Sosial.......................................................................  6
D.    Kelompok-kelompok sosial yang Tidak Teratur.......................................         7
1.      Kerumunan( Crowd)............................................................................  8
2.      Publik ..................................................................................................    8
E.     Masyarakat Pedesaan (Rural Community) dan Masyarakat Perkotaan (Urban Community)...............................................................................................   8
1.      Masyarakat Setempat(Community)......................................................          8
2.      Tipe-tipe Masyarakat Setempat............................................................           9
3.      Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan................................        9



iii
BAB IV KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
A.    Pengantar....................................................................................................   11
B.     Unsur-unsur Kebudayaan...........................................................................            11
C.     Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat........................................................          11
D.    Sifat Hakikat Kebudayaan..........................................................................            11
E.     Kepribadian dan Kebudayaan....................................................................           12
F.      Gerak Kebudayaan..................................................................................... 12

BAB V LEMBAGA KEMASYARAKATAN (LEMBAGA SOSIAL)
A.    Pengantar...................................................................................................    13
B.     Proses Pertumbuhan Lembaga Kemasyarakatan.......................................          13
1.      Norma-norma Masyarakat................................................................... 13
2.      Sistem pengendalian Sosial ( Social Control)......................................         13
C.     Ciri-ciri umum Lembaga Kemasyarakatan................................................          14
D.    Tipe-tipe Lembaga Kemasyarakatan.........................................................           14
E.     Cara-cara Mempelajari Lembaga Kemasyarakatan...................................         15
F.      Conformity dan Deviation......................................................................... 15

BAB VI LAPISAN MASYARAKAT
A.    Pengantar...................................................................................................    16
B.     Terjadinya Lapisan Masyarakat.................................................................           16
C.     Sifat Sistem Lapisan Masyarakat..............................................................            16
D.    Kelas-kelas dalam Masyarakat..................................................................            16
E.     Dasar Lapisan Masyarakat.........................................................................            17
F.      Unsur-unsur Lapisan Masyarakat...............................................................          17
G.    Lapisan yang Sengaja Disusun...................................................................           17
H.    Mobilitas Sosial( Social Mobility).............................................................           17
1.      Pengertian Umum dan Jenis-jenis Gerak Sosial...................................         17
2.      Tujuan Penelitian Gerak Sosial.............................................................          18
3.      Beberapa Prinsip Umum Gerak Sosial Yang Vertikal..........................        18
4.      Saluran Gerak Sosial Vertikal...............................................................           18
I.        Perlunya sistem Lapisan Masyarakat..........................................................         18

BAB VII KEKUASAAN, WEWENANG, DAN KEPEMIMPINAN
A.    Pengantar....................................................................................................   19
B.     Hakikat Kekuasaan dan Sumbernya..........................................................           19
C.     Unsur-unsur Saluran dan Dimensinya........................................................          19
1.      Rasa takut.............................................................................................   19
2.      Rasa cinta..............................................................................................  19
3.      Kepercayaan.......................................................................................... 19
4.      Pemujaan...............................................................................................  19
D.    Cara-cara Mempertahankan kekuasaan......................................................         20
E.     Beberapa Bentuk Lapisan Kekuasaan........................................................          20
F.      Wewenang.................................................................................................    20
G.    Kepemimpinan(Leadership).......................................................................           21
iv

BAB VIII  PERUBAHAN SOSIAL DAN KEBUDAYAAN
A.    Pengantar...................................................................................................    23
B.     Pembatasan Pengertian.............................................................................. 23
1.      Definisi.................................................................................................   23
2.      Teori-teori perubahan Sosial................................................................           23
C.     Hubungan antara Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan.............       24
D.    Beberapa Bentuk Perubahan Sosial dan Kebudayaan...............................        24
E.     Faktor-faktor yang Menyebabkan Perubahan Sosial dan Kebudayaan.....     24
F.      Faktor-faktor yang Memengaruhi Jalannya Proses Perubahan...................     25
G.    Proses-proses Perubahan Sosial dan Kebudayaan.......................................      25
H.    Arah Perubahan........................................................................................... 26
I.        Modernisasi................................................................................................. 26

BAB IX MASALAH SOSIAL DAN MANFAAT SOSIOLOGI
A.    Pengantar....................................................................................................   27
B.     Masalah sosial, Batasan dan Pengertian.....................................................          27
C.     Klasifikasi Masalah Sosial dan Sebab-sebabnya........................................        27
D.    Ukuran-ukuran Sosiologis terhadap Masalah Sosial..................................       27
E.     Beberapa Masalah Sosial Penting..............................................................           28
F.      Pemecahan Masalah Sosial.........................................................................           28
G.    Perencanaan Sosial (Social Planning)........................................................          28
H.    Tokoh-tokoh yang Memengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi..............      29
I.        Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan....................................         30
1.      Pengantar..............................................................................................   30
2.      Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan...............................        30

BAB X PENUTUP
A.    Pengantar...................................................................................................    31
B.     Keterkaitan “Public Speaking” dengan Sosiologi Komunikasi.................       31
C.     Dampak pada Sistem Sosial-Budaya.........................................................           31
D.    Tinjauan Sosiologis mengenai Lingkungan Anak dan Remaja
 yang Menunjang Tumbuhnya Motivasi dan Keberhasilan
 studi Anak................................................................................................    32


Daftar Pustaka                                                                                                                    33





1
BAB I
 PENDAHULUAN
A.   Pengantar
Seorang awam yang untuk pertama kali mempelajari Sosiologi, sesungguhnya secara tidak sadar telah mengetahui sedikit tentang sosiologi. Selama hidupnya, dia telah menjadi anggota masyarakat dan sudah mempunyai pengalaman-pengalaman dalam hubungan sosial atau hubungan antarmanusia. Sosiologi merupakan suatu ilmu yang masih muda, walau telah mengalami perkembangan yang cukup lama.
Dalam abad ke-19, seorang ahli filfasat bangsa Perancis bernama Auguste Comte menulis beberapa buku yang berisikan pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat.Sejarah sosiologi berasal dari Ilmu Filsafat(Master Scientiarum) yang lahir pada saat-saat terakhir perkembangan ilmu pengetahuan. Sosiologi menjadi ilmu yang berdiri sendiri karena meningkatnya perhatian terhadap kesejahteraan masyarakat dan perubahan yang  terjadi dimasyarakat. Sosiologi, menurut comte, harus dibentuk berdasarkan pengamatan terhadap masyarakat bukan merupakan spekulasi.

B.   Ilmu Pengetahuan dan Sosiologi
1.      Apakah Ilmu Pengetahuan(Science) ?
Secara pendek Ilmu Pengetahuan adalah pengetahuan(knowledge) yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pikiran, yang selalu dapat diperiksa dan di telaah dengan kritis oleh orang lain yang ingin mengetahuinya. 
Ilmu Pengetahuan merupakan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan penggunaan kekuatan pemikiran, dimana pengetahuan tersebut selalu dapat diperiksa dan dikontrol secara kritis. Tujuan Ilmu Pengetahuan adalah untuk lebih mengetahui dan mendalami segala segi kehidupan.
Secara umum dan konvensional dikenal adanya empat kelompok Ilmu Pengetahuan, yaitu :
a.       Ilmu Matematika
b.      Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu kelompok ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam baik yang hayati(life sciences)maupun yang tidak hayati(fisika)
c.       Ilmu tentang perilaku yang satu pihak menyoroti perilaku hewan, dan dilain pihak menyoroti perilaku manusia, yang terakhir ini sering kali dinamakan ilmu-ilmu sosial yang mencakup berbagai ilmu pengetahuan yang menyoroti sesuatu bidang didalam kehidupan masyarakat
d.      Ilmu pengetahuan kerohanian, yang merupakan kelompok ilmu pengetahuan yang mempelajari perwujudan spiriyual kehidupan bersama manusia.


2
2.      Ilmu-ilmu Sosial dan Sosiologi
Ilmu-ilmu sosial dinamakan demikian karena ilmu-ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek yang dipelajarinya. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri karena telah memnuhi segenap unsur-unsur ilmu pengetahuan, yang ciri-ciri utamanya sebagai berikut:
a.       Sosiologi bersifat empiris(kenyataan dan akal sehat)
b.      Sosiologi bersifat teoritis(abstraksi dari hasil-hasil observasi)
c.       Sosiologi bersifat kumulatif(atas dasar teori yang sudah ada)
d.      Sosiologi bersifat nonetis (menjelaskan fakta tersebut secara analitis)
Manfaat ilmu-ilmu sosial dan hubungan antara ilmu-ilmu sosial dengan sosiologi, yaitu :
a.       Adanya suatu terminologi umum
b.      Suatu teknik penelitian terhadap organisai yang besar dan kompleks
c.       Suatu pendekatan sintetis yang meniadakan analisi fragmentaris
d.      Sudut pandang yang memungkinkan analisis terhadap masalah sosiologi dasar
e.       Penelitian yang lebih banyak tertuju pada hubungan dari bagian dengan tekanan pada proses dan kemungkinan terjadinya perubahan.
f.       Kemungkinan mengadakan penelitian secara operatif dan objektif.

3.      Definisi Sosiologi dan Sifat Hakikatnya
a.       Pitirim Sorokin mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, gejala non sosial dan ciri umum semua jenis gejala sosial.
b.      Roucek dan Warren mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok
c.       William F.Ogburn dan Meyer F.Nimkoff berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial
d.      J.A.A van Doorn C.J.Lammers berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyrakatan yang bersifat stabil

Sifat- sifat hakikatnya adalah sebagai berikut :
a.       Sosiologi merupakan suatu ilmu sosial dan bukan merupakan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu pengetahuan kerohanian.
b.      Sosiologi bukan merupakan disiplin yang normatif tetapi merupakan suatu disiplinyang kategoris.
c.       Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang murni dan bukan merupakan ilmu pengetahuan terapan atau terpakai
d.      Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan merupakan ilmu pengetahuan yang konkret
3
4.      Objek Sosiologi
Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses timbul dari hubungan manusia didalam masyarakat.
Unsur-unsur masyarakat
a.       Masyarakat merupakan manusia yang hidup bersama
b.      Bercampur untuk waktu yang cukup lama
c.       Mereka sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan
d.      Mereka merupakan suatu sistem hidup bersama

C.   Gambaran Ringkas tentang Sejarah Teori-teori Sosiologi
1.      Apakah Teori ?
Suatu teori pada hakikatnya merupakan hubungan antara dua fakta atau lebih, atau pengaturan fakta menurut cara-cara tertentu. Fakta tersebut merupakan sesuatu yang dapat diamati dan pada umumnya dapat di uji secara empiris. Secara sederhana ,suatu teori merupakan hubungan antara dua variabel atau lebih yang telah di uji kebenrannya.

2.      perhatian terhadap Masyarakat Sebelum Comte
Perhatian Masyarakat Sebelum Comte :
1.      Plato:Menelaah masyarakat secara sistematis dan merumuskan teori organis tentang masyarakat yang mencakup bidang kehidupan ekonomi dan sosial
2.      Aristoteles:Melakukan analisis terhadap lembaga politik dalam masyarakat
3.      Ibn Khaldun : Beberapa prinsip pokok untuk menafsirkan kejadian sosial dan peristiwa dalam sejarah
4.      Zaman Renaissance : Tercatat nama-nama Thomas More dan Campanella mengenai masyarakat ideal. N.Machiavelly:  mengemukakan mengenai bagaimana cara mempertahankan kekuasaan .
5.      Hobbes : Menulis mengenai keadaan alamiah manusia yang didasari pada keinginan-keinginan mekanis sehingga manusia selalu saling berkelahi
6.      John Locke dan jj Rousseau: menulis mengenai kontrak sosial
7.      Saint Simon: menulis tentang manusia yang hendaknya dipelajari dalam kehidupan berkelompok.

3.      Sosiologi Auguste Comte
Auguste Comte yang pertama kali memakai istilah “sosiologi” dan Ia membedakan antara ruang lingkup dan isi sosiologi dari ruang lingkup dan isi ilmu penegtahuan lainnya. Menurut Comte, suatu ilmu pengetahuan bersifat positif, apabila ilmu pengetahuan tersebut memusatkan perhatian pada gejala-gejala nyata dan konkret. Sosiologi merupakan studi positif tentang hukum-hukum dasar dari gejala sosial. Comte kemudian membedakan antara sosiologi statis dan Sosiologi dinamis.
4
4.      Teori- teori Sosiologi Sesudah Comte
Pengelompokkan kedalam mazhab-mazhab akan didasarkan pada faktor-faktor tersebut sehingga akan dapat diperoleh suatu gambaran yang minimal.
a.      Mazhab Geografi dan Lingkungan
Pentingnya mazhab ini adalah bahwa ajaran atau teori menghubungkan faktor keadaan alam dengan faktor struktur serta organisasi sosial.
b.      Mazhab Organis dan Evolusioner
Herbert Spencer: melakukan analogi antara masyarakat manusia dengan organisme manusia. W.G. Summer: mengenai kebiasaan sosial yang timbul secara tak sadar dalam masyarakat(folkway)
c.       Mazhab Ekonomi
Karl Marx: mempergunakan  metode sejarah dan filsafat untuk membangun suatu teori perubahan
M.Weber : mengungkapkan tentang empat tipe ideal aksi sosial
d.      Mazhab Hukum
Durkheim : hukum yang dihubungkandengan jenis-jenis solidaritas dalam masyarakat

D.   Metode-metode dalam Sosiologi
Ada 2 metode dalam Sosiologi :
1.      Metode kualitatif: tidak bisa diukur dengan angka tetapi nyata dalam masyarakat.
2.      Metode kuantitatif : bisa diukur dengan angka, dengan menggunakan skala,tabel dan formula
E.   Perkembangan Sosiologi di Indonesia
1.      Permulaan Sosiologi di Indonesia
Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta merupakan satu satunya lembaga Perguruan Tinggi yang sebelum perang dunia kedua memberikan kuliah-kuliah sosiologi di Indonesia. Sosiologi yang dikuliahkan pada waktu itu bersifat filsasat sosial dan teoretis. Pada tahun 1934/1935 kuliah sosiologi pada Sekolah Tinggi tersebut ditiadakan.
2.      Perkembangan Sosiologi Sesudah Perang Dunia Ke II
Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, seorang sarjana Indonesia, yaitu Soenario Kolopaking untuk pertama kalinya memberi kuliah sosiologi(1948)
Buku sosiologi dalam bahasa indonesia mulai diterbitkan sejak 1 tahun setelah pecahnya revolusi fisik, yaitu sosiologi indonesia oleh Djody Gondokusumo yang memuat beberapa pengertian elementer dari sosiologi yang teoretis dan bersifat sebagai filsafat.


5
BAB II
PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL

A.   Pengantar
Proses sosial adalah cara berhubungan yang dapat dilihat apabila para individu dan kelompok saling bertemu dan menentukan bentuk hubungan atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan yang menyebabkan goyahnya cara hidup yang telah ada.

B.   Interaksi Sosial sebagai Faktor Utama dalam Kehidupan Sosial
Interaksi Sosial berguna untuk menelaah dan mempelajari banyak masalah didalam masyarakat. Interaksi sosial merupakan kunci semua kehidupan sosial karena tanpa interaksi sosial tak akan mungkin ada kehidupan bersama.

C.   Syarat-syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dua syarat terjadinya interaksi sosial , yaitu :
1.      Adanya Kontak sosial yang dapat berlangsung dalam 3 bentuk yaitu antarindividu, antar individu dengan kelompok, antar kelompok.
2.      Adanya Komunikasi, yaitu seseorang memberikan arti pada perilaku orang lain. Orang yang bersangkutan kemudian memberi reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.

D.   Kehidupan Yang Terasing
Kehidupan terasing disebabkan secara badaniah seseorang sama sekali diasingkan dari hubungan dengan orang lain.Padahal perkembangan jiwa seorang banyak ditentukan oleh pergaulannya dengan orang lain.kehidupan terasing yang sempurna ditandai dengan ketidakmampuan mengadak interaksi sosial dengan pihak lain.

E.   Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
Bentuk bentuk interaksi sosial dapat berupa kerjasama, persaingan,akomodasi, dan bahkan pertentangan atau pertikaian.
Proses-proses interaksi yang pokok adalah :
1.      Proses-proses yang Asosiatif
a.      Kerjasama adalah usaha bersama untuk mencapai tujuan bersama
b.      Akomodasi adalah cara untuk menyelesaikan pertentangan.
2.      Proses Disosiatif
a.      Persaingan adalah suatu proses sosial dimana individu atau kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan melalui  bidang-bidang kehidupan.
b.      Kontravensi adalah suatu bentuk proses sosial yang berada antara persaingan dan pertentangan atau pertikaian.
6

BAB III
KELOMPOK-KELOMPOK SOSIAL DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT

A.   Pengantar
Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, memiliki naluri untuk hidup dengan orang lain. Naluri manusia untuk selalu hidup dengan orang lain disebut gregariousness sehingga manusia juga disebut social animal(hewan sosial).
Sejak dilahirkan manusia sudah mempunyai dua hasrat atau keinginan pokok, yaitu :
1.      Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain disekitarnya(masyrakat)
2.      Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya.

B.   Pendekatan Sosiologis terhadap Kelompok-kelompok Sosial
Kelompok sosial adalah kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan diantara mereka. Hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balikyang saling memengaruhi dan juga suat kesadaran untuk saling menolong.

C.   Tipe-tipe Kelompok Sosial
1.      Klasifikasi Tipe-tipe Kelompok Sosial
Tipe-tipe kelompok sosial dapat di klasifikasikan beberapa sudut atau atas dasar pelbagai kriteria ukuran. Seorang sosiolog jerman, georg simmel, mengambil ukuran besar kecilnya jumlah anggota kelompok, bagaimana individu memengaruhi kelompoknya serta interaksi sosial dalam kelompok tersebut.

2.      Kelompok sosial dipandang dari sudut individu
Kelompok sosial  adalah dasar kekerabatan, usia, seks dan kadang-kadang atas dasar pekerjaan dan kedudukan. Dalam masyarakat yang sudah kompleks individu biasanya menjadi kelompok sosial tertentu. Akan tetapi, dalam hal lain seperti di bidang pekerjaan, rekreasi dan sebagainya, keanggotaanya bersifat sukarela.

3.      In- Group dan Out- Group
In group adalah kelompok sosial dimana individu mengidentifikasikan dirinya atau tidak bersifat relatif dan tergantung pada situasi sosial tertentu. Out group adalah kelompok sosial yang oleh individu diartikan sebagai lawan in groupnya.
Out group sering dikaitkan dengan istilah” kami atau kita”dan “mereka”

4.      Kelompok Primer (primary Group) dan Kelompok Sekunder (secondary Group).
Kelompok Primer merupakan kelompok sosial yang paling sederhana, dimana anggotanya salingmengenal, contoh: keluarga, teman sepermainan dan lain lain.

7
Kelompok sekunder adalah kelompok yang terdiri dari banyak orang, yang sifat hubungannyatidak berdasarkan pengenalan secara pribadi dan juga tidak langgeng. Contohnya hubungan kontrak jual beli.

5.      Pagayuban(Gemeinschaft) dan Patembayan(Gesellschaft).
Pagayuban(Gemeinschaft)merupakan bentuk kehidupan bersama,dimana anggotanya diikat olehhubungan batin yang murni,bersifat alamiah dan kekal, dapat dijumpai dalam keluarga, kelompok kekerabatan ,rukun tetangga.
Patembayan(Gesellschaft) merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya untuk jangka waktu pendek. Contohnya adalah ikatan antara pedagang.

6.      Formal Group dan Informal Group.
Formal group adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggotanya untuk mengatur hubungan antarasesama. Contohnya organisasi. Informal group: tidak mempunyai struktur dan organisasi tertentu atau yang pasti. kelompok-kelompok tersebut biasanya terbentuk karena pertemuan yang berulangkali contoh nya klik (clique).

7.      Membership Group dan Reference Group
Membership Group merupakan suatu kelompok dimana setiap orang secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut. Reference Group ialah kelompok-kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang( bukan anggota kelompok tersebut) untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

8.      Kelompok Okupasional dan Volunter
Kelompok okupasional adalah kelompok yang muncul karena semakin memudarnya funsi kekerabatan. Contohnya, kelompok profesi, seperti asosiasi sarjana farmasi, ikatan dokter Indonesia,dll
Kelompok Volunter adalah kelompok orang yang memiliki kepentingan sama, namun tidak mendapatkan perhatian masyarakat. Kelompok volunter dilandaskan pada kepentingan primer. Kepentingan primer mencakup :
1.      Kebutuhana akan sandang, pangan dan papan
2.      Kebutuhan akan keselamatan jiwa dan harta benda
3.      Kebutuhan akan harga diri
4.      Kebutuhan untuk dapat mengembangkan potensi diri
5.      Kebutuhan akan kasih sayang.

D.   Kelompok-kelompok Sosial yang tidak Teratur
Bermacam-macam bentuk kelompok-kelompok sosial yang tidak teratur pada dasarnya dapat dimasukkan kedalam dua golongan besar, yaitu kerumunan dan publik.
8
1.      Kerumunan(Crowd)
Kerumunan(Crowd) adalah individu-individu yang berkumpul secarakebetulan di suatu tempat, pada waktu bersamaan.
Bentuk-bentuk kerumunan sebagai berikut :
a.      Kerumuman yang berartikulasi dengan struktur sosial
1)      Formal Audiences : Merupakan kerumunan yang mempunyai pusat perhatian dan persamaan tujuan.Contohnya : penonton film.
2)      Planned Expressive Group : Merupakan kerumunan yang pusat perhatiannya tidak begitu penting, tetapi mempunyai persamaan tujuan. Contohnya orang berpesta.
b.      Kerumunan yang bersifat Sementara(casual crowds)
1)      Inconvenient Aggregations : Kumpulan yang kurang menyenangkan, misalnya orang yang antri karcis.
2)      Panic Crowds : Kerumunan orang yang sedang panik, yaitu orang-orang yang berusaha menyelamatkan diri dari suatu bahaya.
3)      Spectator Crowds : Kerumunan penonton terjadi karena ingin melihat suatu kejadian tertentu.
c.       Kerumunan yang berlawanan dengan norma hukum (lawless crowd)
1)        Akting Mobs : Kerumunan yang bertindak emosional dengan menggunakan kekuatanfisik yang berlawanan dengan norma- norma yang berlaku dalam masyarakat.
2)        Immoral Crowds : Kerumunan yang bersifat immoral hampir sama dengan kelompok ekspresif. Bedanya adalah kerumunan yang bersifat immoral bertentangan dengan norma masyarakat. Contohnya adalah orang-orang yang mabuk.

2.      Publik
Publik merupakan kelompok yang tidak merupakan kesatuan. Interaksi terjadi secara tidak langsung melalui alat-alat komunikasi seperti pembicaraan pribadi yang berantai, desas desus,  surat kabar, radio, televisi, film dan lain sebagainya.

E.   Masyarakat Pedesaan (Rural Community) dan Masyarakat Perkotaan (Urban Community)
1.      Masyarakat Setempat(Coommunity)
Istilah community dapat diterjemahkan sebagai masyarakat setempat, yang menunjuk pada warga sebuah desa, kota, suku atau bangsa.
Secara singkat, masyarakat setempat adalah suatu wilayah kehidupan sosial yang ditandai oleh suatu derajat hubungan sosial yang tertentu.
Unsur-unsur perasaan komuniti yaitu : Seperasaan, Sepenanggungan, Saling memerlukan.

9
2.      Tipe-tipe Masyarakat Setempat
Dalam mengadakan klasifikasi masyarakat setempat, dapatdigunakan empat kriteria yang saling berpautan, yaitu :
a.       Jumlah penduduk
b.      Luas, kekayaan dan kepadatan penduduk daerah pedalaman
c.       Fungsi-fungsi khusus masyarakat setempat terhadap seluruh masyarakat , dan
d.      Organisasi masyarakat setempat yang bersangkutan.
Kriteria tersebut dapat digunakan untuk membedakan antara bermacam-macam jenis masyarakat setempat yang sederhana dan modern, serta masyarakat pedesaan dan perkotaan.
3.      Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan
Masyarakat Pedesaan(rural community) adalah suatu masyarakat mempunyai hubungan yang lebih erat dan lebih mendalam ketimbang hubungan mereka dengan warga masyarakat pedesaan lainnya.
Masyarakat perkotaan(urban community) adalah masyarakat yang tidak tentu jumlah penduduknya.
Perbedaan antara masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan
Masyarakat Pedesaan
Masyarakat Perkotaan
Warga memiliki hubungan yang lebih erat.
Jumlah penduduknya tidak tentu
Sistem kehidupan biasanya berkelompok atas dasar kekeluargaan
Bersifat individualistis
Umumnya hidup dari pertanian
Pekerjaan lebih bervariasi, lebih tegas batasannya dan sulit mencari pekerjaannya
Golongan orang tua memegang peranan penting
Perubahan sosial terjadi secara cepat, menimbulkan konflik antara golongan muda dengan golongan orang tua
Dari sudut pemerintahan, hubungan antara penguasa dan rakyat bersifat informal
Interaksi lebih disebabkan faktor kepentingan daripada faktor pribadi
Perhatian masyarakat lebih pada keperluan utama kehidupan
Perhatian lebih pada penggunaan kebutuhan hidup yang dikaitkan dengan masalah prestise
Kehidupan keagamaan lebih kental
Kehidupan keagamaan lebih longgar
Banyak berurbanisasi ke kota ada faktor yang menari dari kota
Banyak migran yang berasal dari daerah dan berakibat negatif di kota, yaitu pengangguran, naiknya kriminalitas, persoalan rumah, dan lain-lain


10
F.    Kelompok-kelompok Kecil (Small Group)
Small group adalah suatu kelompok yang teoretis terdiri paling sedikit dari dua orang,  yang saling berhubungan untuk memenuhi tujuan tertentu dan yang menganggap hubungan itu sendiri, penting baginya. Akhir-akhir  ini para sosiolog banyak menaruh  perhatian pada penelitian small group karena hal berikut:
1.      Penelitian terhadap small group merupakan hal yang penting sebab kelompok-kelompok kecil mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku sehari-seharinya individu.
2.      Dalam kelompom-kelompok kecil, pertemuan antara kepentingan sosial dengan kepentingann individu, berlangsung secara tajam.
3.      Small group pada hakikatnya merupakan sel yang menggerakkan suatu organisme yang dinamakan masyarakat.
4.      Kelompok-kelompok kecil merupakan bentuk khusus dalam kerangka sistem sosial secara keseluruhan.
                 Penelitian terhadap small group memberikan beberapa keuntungan , yaitu :
1.      Individu di pandang sebagai bagian dari kelompok yang juga merupakan bagian dari masyarakat secara keseluruhan.
2.      Dengan adanya penelitian terhadap small group , dipergunakan metode baru dalam meneliti kelompok-kelompok sosial.
3.      Untuk kepentingan percobaan-percobaan  ilmiah, para peneliti embentuk kelompok-kelompok tertentu untuk membuktikan kebenaran-kebenran hipotesnya.

G.  Dinamika Kelompok Sosial
Setiap kelompok sosial pasti mengalami perkembangan serta perubahan. Perubahan dalam setiap kelompok sosial, ada yang mengalami perubahan secara lambat dan adapula yang secara cepat. Didalam dinamika kelompok, mungkin terjadi antagonisme antar kelompok.apabila terjadi peristiwa tersebut, secara hipotesis prosesnya sebagai berikut :
1.   Bila dua kelompok bersaing, maka akan timbul stereotip
2.   Kontak antara dua kelompok yang bermusuhan tidak akan mengurangi sikap tindak bermusuhan tersebut
3.   Tujuan yang harus dicapai dengan kerjasama akan dapat menetralkan sikap tindak bermusuhan
4.   Di dalam kerjasama mencapai tujuan, stereotip yang semula negatif menjadi positif.



11
BAB IV
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT

A.    Pengantar
Kata “kebudayaan” bersal dari bahasa Sanskerta buddhayahyang merupakan bentuk jamak kata “buddhi” yang berartibudi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai “hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal”. Adapun istilah culture merupakan istilah bahasa asing yang artinya kebudayaan berasal dari kata latin colere.

B.     Unsur-unsur Kebudayaan
 Unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal, yaitu :
1.   Peralatan dan perlengkapan hidup manusia(pakaian,perumahan,dsb)
2.   Mata pencaharian hidup dan sisitem-sistem ekonomi
3.   Sistem kemasyarakatan
4.   Bahasa(lisan mauoun tertulis)
5.   Kesenian(seni rupa, seni suara, seni gerak, dan sebagainya)
6.   Religi(sistem kepercayaan)

C.    Fungsi Kebudayaan bagi Masyarakat
Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. fungsi kebudayaan sangat besar bagi manusia,yaitu untuk melindungi diri terhadap alam,mengaturhubungan antarmanusia dan sebagai wadah segenap perasaan manusia.

D.    Sifat Hakikat Kebudayaan
Sifat hakikat kebudayaan sebagai berikut :
1.   Kebudayaaan terwujud dan tersalurkan lewat perilaku manusia
2.   Kebudayaan telah ada terlebih dahulu sebelum lahirnya suatu generasi tertentu dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutan
3.   Kebudayaan diperlukan oleh manusia dan diwujudkan tingkah lakunya
4.   Kebudayaan mencakup aturan yang berisikan kewajiban, tindakan yang diterima dan ditolak,tindakan yang dilarang dan yang diizinkan.



12
E.     Kepribadian dan Kebudayaan
Kepribadian merupakan organisasi faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku individu. Kepribadian mencakup kebiasaan, sikap dan sifat yang lain yang khas dimiliki seseorang yang berkembang apabila orang berhubungan dengan orang lain.
KEBUDAYAAN
MASYARAKAT
Perhatikan gambar berikut:
KEPRIBADIAN
                                                                                                       
INDIVIDU DAN PERILAKUNYA
 




                 Tipe-tipe kebudayaan khusus yang nyata memengaruhi bentuk kepribadian, yaitu :
1.      Kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan
2.      Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda(urban dan rural ways of life)
3.      Kebudayaan khusus atas dasar agama
4.      Kebudayaan berdasarkan profesi

F.     Gerak Kebudayaan
Gerak kebudayaan adalah gerak manusia yang hidup didalam masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan. Gerak manusia terjadi sebab dia mengadakan hubungan-hubungan dengan manusia lainnya. Artinya karena terjadinya hubungan antar kelompok manusi didalam masyarakat.

Beberapa maslah yang menyangkut proses akulturasi adalah :
1.   Unsur-unsur kebudayaan asing manakah yang mudah diterima
2.   Unsur-unsur kebudayaan asing manakah yang sulit diterima
3.   Individu-individu manakah yang cepat menerima unsur-unsur yang baru
4.   Ketegangan-ketegangan apakah yang timbul sebagai akibat akulturasi tersebut.




13
BAB V
LEMBAGA KEMASYARAKATAN
(LEMBAGA SOSIAL)

A.   Pengantar
Lembaga kemasyarakatan merupakan terjemahan langsung dari istilah asing social-institution. Akan tetapi, hingga kini belum ada kata sepakat mengenai istilah Indonesia yang dengan tepat dapat menggambarkan isi social-institution tersebut. Istilah lain yang diusulkan adalah bangunan sosial yang mungkin merupakan terjemah dari istilah Soziale-Gebilde (bahasa jerman), yang lebih jelas menggambarkan bentuk dan susunan social institution tersebut. Disini akan digunakan istilah lembaga kemasyarakatan karena pengertian lembaga lebih menunjuk pada sesuatu bentuk, sekaligus juga mengandung pengertian yang abstrak perihal adanya norma-norma dan peraturan-peraturan tertentu yang menjadi ciri lembaga tersebut.

B.   Proses Pertumbuhan Lembaga Kemasyarakatan
1.   Norma-norma Masyarakat
Norma-norma yang ada di dalam masyarakat, mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda-beda. Pada yang terakhir, umumnya anggota-anggota masyarakat pada tidak berani melanggarnya.
Untuk dapat membedakan kekuatan mengikat norma-norma tersebut, secara sosiologis dikenal adanya empat pengertian, yaitu:
1.      Cara (usage) menunjuk pada suatu perbuatan
2.      Kebiasaan (folkways) adalah perbuatan yang di ulang-ulang dalam bentuk yang sama.
3.      Tata kelakuan (mores) merupakan kebiasaan yang dianggap sebagai cara berperilaku dan diterima norma-norma pengatur
4.      Adat-istiadat (custom) adalah tata kelakuan yang kekal serta kuat integrasinya dengan pola-pola perilaku masyarakat.

Suatu norma tertentu dikatakan telah melembaga (institutionalized), apabila norma tersebut: Diketahui, Dipahami/dimengerti, ditaatidan dihargai.

2.   Sistem pengendalian Sosial(Social Control)
Sistem pengendalian sosial sering kali diartikan sebagai pengawasan oleh masyarakat terhadap jalannya pemerintahan, khususnya pemerintah beserta aparaturnya. Pengendalian sosial bertujuan untuk mencapai keserasian antara stabilitas dengan perubahan-perubahan dalam masyarakat.
Agar anggota  masyarakat taat pada norma yang berlaku, diciptakan sistem pengendalian sosial yang bersifat :
1.      Preventif/positif
2.      Represif/ negatif
14

C.     Ciri-ciri Umum Lembaga Kemasyarakatan
Menurut Gillin dan Gillin , lembaga kemasyarakatan mempunyai bebrapa ciri umum, yaitu sebagai berikut :
1.      Suatu lembaga kemasyarakatan adalah suatu organisasi pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatan.
2.      Suatu tingkat kekekalan tertentu merupakan ciri semua lembaga kemasyarakatan
3.      Lembaga kemasyarakatan mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu
4.      Lembaga kemasyarakatan mempunyai alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan
5.      Lambang biasanya juga merupakan ciri khas lembaga kemasyarakatan
6.      Suatu lembaga kemasyarakatan mempunyai suatu tradisi tertulis atau yang tak tertulis .

D.   Tipe-tipe Lembaga Kemasyarakatan
Tipe-tipe lembaga kemasyarakatan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1.      Dari sudut perkembangannya
a.       Crescive Institutions
b.      Enacted Institutions
2.      Dari susut sistem nilai-nilai yang diterima masyarakat
a.       Basic Institutions
b.      Subsidiary Institutions
3.      Dari sudut penerimaan Masyarakat
a.       Approved-socially santctioned Institutions
4.      Dari sudut penyebarannya
a.       General Institutions
b.      Regulative Institutions
5.      Dari sudut fungsinya
a.       Operative Institutions
b.      Restricted Institutions



15

E.   Cara-cara Mempelajari Lembaga Kemasyarakatan
Cara-cara pendekatan atau mempelajari lembaga kemasyarakatan dapat dirinci ke dalam :
1.    Analisis historis : untuk meneliti sejarah timbul dan perkembangan suatu lembaga kemasyarakatan tertentu
2.    Analisis komparatif : menelaah suatu lembaga kemasyarakatan dalam berbagai masyarakat berlainan ataupun berbagai lapisan sosial masyarakat tersebut.
3.    Analisis fungsional : menyelidiki dengan jalan menganalisis hubungan antara lembaga-lembaga tersebut didalam suatu masyarakat tertentu.

F.   Conformity dan Deviation
Conformity berarti proses penyesuaian diri dengan masyarakat dengan cara mengindahkan kaidah dan nilai-nilai masyarakat.
 Deviation adalah penyimpangan terhadap kaidah dan nilai-nilai dalam  masyarakat.
Masalah yang erat hubungannya dengan pengendalian sosial adalah conformity, yaitu penyesuaian diri pada norma-norma dan nilai-nilai dalam suatu masyarakat. Deviation yaitu penyimpangan terhadap norma-norma dan nilai-nilai ersebut. Conformity biasanya sangat kuat dalam masyarakat yang tradisional, hal yang sama pada masyarakat di kota-kota sering kali dianggap sebagai penghambat kemajuan dan perkembangan . Robert K.Merton telah menelaah soal conformity dan deviation dengan menciptakan diagram Merton. Sistematika itu menggolong-golongkan tindakan-tindakan manusia, tujuannya, serta cara-cara mencapai tujuan tersebut.











16
BAB VI
LAPISAN MASYARAKAT  (STRATIFIKASI SOSIAL)

A.    Pengantar
Selama dalam satu masyarakat ada sesuatu yang dihargai dan setiap masyarakat pasti mempunyai sesuatu yang dihargainya, sesuatu itu akan menjadi bibit yang dapat menumbuhkan adanya sistem lapisan dalam masyarakat itu. Sesuatu yang dihargai di dalam masyarakat dapat berupa uang benda yang bernilai ekonomis atau mungkin juga keturunan yang terhormat. Pelapisan sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat(secara hierarkis).

B.     Terjadinya Lapisan Masyarakat
Pedoman untuk meneliti pokok-pokok terjadinya proses lapisan dalam masyarakat
1.   Pada sistem pertentangan yang ada dalam masyarakat, sistem demikian hanya mempunyai arti khusus bagi masyarakat tertentu.
2.   Sistem lapisan dapat dianalisis dalam arti-arti:
a.       Distribusi hak-hak istimewa yang objektif seperti penghasilan, dll
b.      Kriteria sistem pertentangan dapat berdasarkan kualitas pribadi, keanggotaan kelompok, kerabat tertentu milik, wewenang dan kekuasaan
c.       Lambang-lambang kedudukan seperti tingkah laku hidup, cara berpakaian,perumahan, keanggotaan pada suatu organisasi

C.    Sifat Sistem Lapisan Masyarakat
Sifat sistem lapisan di dalam suatu masyarakat dapat bersifat tertutup yaitu membatasi kemungkinan pindahnya seseorang dari satu lapisan ke lapisan yang lain  dan terbuka yaitu setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk berusaha dengan kecakapan sendiri untuk naik lapisan. Pada umumnya sistem terbuka ini memberi perangsang yang lebih besar kepada setiap anggota masyarakat untuk dijadikan landasan pembangunan masyarakat daripada sistem yang tertutup.

D.    Kelas-kelas Dalam Masyarakat(social Classes)
Kelas sosial adalah orang atau keluarga yang sadar akan kedudukannya didalam suatu lapisan, kedudukan mereka itu diketahu serta dikuti oleh masyarakat umum.
Beberapa pendapat tentang Kelas Sosial:
Kurt B Mayer: Istilah kelas hanya dipergunakan untuk lapisan yang bersandarkan unsur ekonomis, sedangkan lapisan yang berdasarkan kehormatan

17
Max Weber: Membuat pembedaan antara dasar ekonomis dan dasar kedudukan sosial, dan tetap menggunakan istilah kelas bagi semua lapisan.
Joseph Schumpeter: Terbentuknya kelas dalam masyrakat karena untuk menyesuaikan masyarakat dengan keperluan yang nyata.

E.     Dasar Lapisan Masyarakat
Ukuran-ukuran yang biasa dipakai untuk menggolong-golongkan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan adalah:
1.   Ukuran kekayaan(materil)                          3. Ukuran kehormatan
2.   Ukuran Kekuasaan                                     4. Ukuran ilmu pengetahuan
F.     Unsur-unsur Lapisan Masyarakat
Unsur-unsur baku dalam sistem lapisan sosial dalam masyarakat adalah sebagai berikut:
1.   Kedudukan(status) : Kedudukan merupakan tempat seseorang dalam suatu pola tertentu, dan seseorang dapat memiliki beberapa kedudukan.
2.   Peranan(Role) : Peranan merupakan aspek dinamis dari kedudukan, yaitu seseorang yang melaksanakan hak-hak dan kewajibannya.

G.    Lapisan yang Sengaja Disusun
Pada sistem lapisan yang sengaja disusun terdapat berbagai cara untuk menentukan  kedudukan seseorang. Misalnya dengan upacara peresmian/ pengangkatan, sistem upah yang sesuai dengan golongan jabatan juga wewenang dan kekuasaan disertai pembatasannya dalam pelaksanan. Chester I.Barnard : membahas sistem lapisan yang sengaja disusun dalam organisasi formal untuk mengejar suatu tujuan tertentu.

H.    Mobilitas Sosial(Social Mobility)
1.   Pengertian Umum dan Jenis-jenis Gerak Sosial
Gerak sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Tipe-tipe gerak sosial 2 dua macam yaitu gerak sosial horizontal yaitu peralihan individu dari suatu kelompok sosial lainnya yang sederajat dan gerak sosial vertikal yaitu perpindahan individu dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan lainnya yang tidak sederajat
18
2.   Tujuan Penelitian Gerak Sosial
Para sosiolog meneliti gerak sosial untuk mendapatkan keterangan perihal keteraturan dan keluwesan struktur sosial. Para sosiolog mempunyai perhatian yang khusus terhadap kesulitan-kesulitan yang seacararelatif dialami oleh individu-individu dan kelompok-kelompok sosial dalam mendapatkan kedudukan terpandang oleh masyarakat dan merupakan objek dari suatu persaingan.

3.   Beberapa Prinsip Umum Gerak Sosial yang Vertikal
Prinsip-prinsip umum yang sangat penting bagi gerak sosial vertikal, yaitu :
a.       Hampir tidak ada masyarakat yang sifat sistem lapisannya mutlak tertutup.
b.      Tidak mungkin gerak sosial yang vertikal dilakukan dengan sebebasnya.
c.       Gerak sosial  vertikal yang umum berlaku bagi semua masyarakat.
d.      Gerak sosial vertikal disebabkan oleh faktor ekonomi, politik serta pekerjaan.
e.       Berdasarkan bahan-bahan sejarah, khususnya dalam gerak sosial vertikal yang disebabkan faktor-faktor ekonomis, politik, dan pekerjaan yang berbeda.

4.   Saluran Gerak Sosial Vertikal
Saluran gerak vertikal yang terpenting adalah angkatan bersenjata, lembaga keagamaan, sekolah, organisasi politik, ekonomi, dan keahlian. Lembaga keagamaan merupakan salah satu saluran penting dalam gerak sosial vertikal. Lembaga pendidikan seperti sekolah, pada umumnya merupakan saluran kongret gerak sosial yang vertikal.

I.       Perlunya Sistem Lapisan Masyarakat
Masyarakat  menghadapi dua persoalan, yaitu (1), menempatkan individu-individu tersebut dan ke(2) mendorong agar mereka melaksanakan kewajibannya. Ada sistem lapisan masyarakat karena gejala tersebut sekaligus memecahkan persoalan yang dihadapi masyarakat yaitu penempatan individu dalam tempat-tempat yang tersedia dalam struktur sosial dan mendorongnya agar melaksanakan kewajiban yang sesuai dengan kedudukan serta peranannya.


19

BAB VII
KEKUASAAN, WEWENANG DAN
KEPEMIMPINAN

A.    Pengantar
Perbedaan antara kekuasaan dengan wewenang ialah bahwa setiap kemampuan untuk memengaruhi pihak lain dapat dinamakan kekuasaan. Sementara itu, wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau se kelompok orang, yang mempunyai dukungan atau mendapat pengakuan dari masyarakat.

B.     Hakikat Kekuasaan dan Sumbernya
Sifat dan hakikat kekuasaan
1.   SIMETRIS (hubungan persahabatan, hubungan sehari-hari, hubungan yang bersifat ambivalen, Pertentangan antara mereka yang sejajar kedudukannya)
2.   ASIMETRIS(popularitas, peniruan, mengikuti perintah, tunduk pada pemimpin formal atau informal, tunduk pada seorang ahli, pertentangan antara mereka yang tidak sejajar kedudukannya, hubungan sehari-hari)

Sumber kekuasaan
1.      SUMBER (Militer/ polisi/kriminal, ekonomi, politik, hukum, tradisi, ideologi“diversionary power”).

2.      KEGUNAAN (Pengendalian kekerasan , mengendalikan tanah/ buruh/ kekayaan material/ produksi, pengambilan keputusan, mempertahankan/ melancarkan interaksi,vsistem kepercayaan nilai-nilai, pandangan hidup, kepetingan rekreatif)
Kekuasaan Tertinggi dalam masyarakat dinamakan pula kedaulatan (sovereignity) yang biasanya dijalankan oleh segolongan kecil masyarakat. Oleh Gaetano Mosca, disebut the rulling class.

C.    Unsur-unsur Saluran Kekuasaan dan Dimensinya
Kekuasaan yang dapat di jumpai pada interaksi sosial antara manusia maupun antar kelompok mempunyai beberapa unsur pokok, yaitu:
1.   Rasa takut (menimbulkan kepatuhan terhadap segala kemauan orang yang ditakuti)
2.   Rasa cinta(pihak yang berkuasa untuk menyenangkan semua pihak)
3.   Kepercayaan (dapat timbul sebagai hasil hubungan langsung yang asosiatif).
4.   Pemujaan (seseorang yang memegang kekuasaan mempunyai dasar pemujaan dari orang lain.akibatnya adalah segala tindakan penguasa di benarkan)

20
Kekuasaan didalam pelaksanaanya dijalankan melalui saluran-saluran tertentu. Saluran-saluran tersebut diantaranya sebagai berikut:
a.       Saluran militer             c.  Saluran politik                    e. Saluran ideologi
b.      Saluran ekonomi         d.   Saluran tradisional            f. Saluran lainnya
           
D.    Cara-cara Mempertahankan Kekuasaan
Cara-cara mempertahankan kekuasaan:
1.   Dengan meninggalkan segenap peraturan lama, terutama dalam bidang politik, yang merugikan kedudukan penguasa
2.   Mengadakan sistem-sistem kepercayaan
3.   Pelaksanaan administrasi dan birokrasi yang baik
4.   Mengadakan konsolidasi secara horizontal dan vertikal
Cara Memperkuat kedudukan
1.      Menguasai bidang-bidang kehidupan tertentu
2.      Penguasan bidang kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan dengan paksa

E.     Beberapa Bentuk Lapisan Kekuasaan
Menurut Maclver, ada tigapola umum sistem lapisan kekuasaan, yaitu :
1.   Tipe kasta (sistem lapisan kekuasaan dengan garis pemisah yang tegas dan kaku)
2.   Tipe oligarkis  masih mempunyai garis pemisah yang tegas. Akan tetapi, dasar pembedaan kelas sosial ditentukan oleh kebudayaan masyrakat.
3.   Tipe demokratis menunjukkan kenyataan akan adanya garis pemisah.

F.     Wewenang
Max Weber, wewenang: suatu hak yang telah ditetapkan dalam suatu tata tertib sosialuntuk menetapkan kebijaksanaan, menentukan keputusan mengenai persoalan yang penting. Wewenang ada beberapa bentuk, yaitu :
1.   Wewenang Kharismatis, Tradisional,dan Rasional(Legal)
Wewenang kharismatis merupakan wewenang yang didasarkan pada kharisma, yaitu suatu kemampuan khusus yang ada pada diri seseorang.Contohnya Nabi, para Rasul, dan lain-lain. Wewenang Tradisional dimiliki oleh orang-orang yamng menjadi anggota kelompok,yang sudah lama sekali mempunyai kekuasaan didalam suatu masyarakat. Wewenang Rasional atau Legal adalah wewenang yang disandarkan pada sistem hukum yang berlaku dalam masyarakat.
21
2.   Wewenang Resmi dan Tidak Resmi
Sering kali wewenang yang berlaku dalam kelompok-kelompok kecil disebut sebagai wewenang tidak resmi karena bersifat spontan,situasional dan didasarkan pada faktor saling mengenal. Wewenang resmi sifatnya sistmatis, diperhitungkan dan rasional, wewenag tersebut sering dijumpai pada kelompok-kelompok besar yang memerlukan aturan-aturan tata tertib yang tegas dan bersifat tetap.
3.    Wewenang Pribadi dan Teritorial
Wewenang pribadi sangat tergantung pada solidaritas antara anggota-anggota kelompok, dan unsur kebersamaan sangat memegang peranan. Wewenang teritorial,wilayah tempat tinggal memegang peranan yang sangat penting.
4.   Wewenang Terbatas dan Menyeluruh
Wewenang Terbatas adalah wewenang tidak mencakup semua bidang kehidupan, tetapi hanya terbatas pada salah satu sektor atau bidang saja. Wewenang menyeluruh adalah wewenang yangtidak dibatasi oleh bidang kehidupan tertentu.

G.  Kepemimpinan(Leadership)
1.   Umum
Kepemimpinan(Leadership) adalah kemampuan pemimpin untuk memengaruhi pengikut-pengikutnya sehingga pengikutnya tersebut bertingkah laku sebagaimana dikehendaki oleh pemimpin tersebut. Kepemimpinan (Leadership) ada yang bersifat resmi (formal) dan tidak resmi (informal).

2.   Perkembangan Kepemimpinan dan Sifat-sifat Seorang Pemimpin
Sejak mula terbentuknya suatu kelompok sosial, seseorang diantara warganya melakukan peranan yang lebih aktif daripada rekannya sehingga seseorang tampak lebih menonjol dari lainnya.Itulah asal timbulnya kepemimpinan yang kebanyakan timbul dan berkembang dalam struktur sosial yang kurang stabil.
Menurut  mitologi Indonesia beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin , diantaranya:
a.    Indra Brata             c. Surya Brata             e.  Dhana Brata           g. Agni Brata
b.   Yama Brata                        d. Caci Brata               f.  Paca Brata                  

22
3.   Kepemimpinan Menurut Ajaran Tradisional
Ajaran tradisional seperti di Jawa menggambarkan tugas seorang pemimpin melalui pepatah berikut :
Ing ngarsa sang tulada (Di muka memberi tauladan)
Ing madya mangun karsa ( Di tengah-tengah membangun semangat)
Tut Wuri Handayani ( Dari belakang memberikan pengaruh)
Pepatah tersebut digunakan oleh alm. Ki Hajar Dewantara.

4.   Sandaran Kepemimpinan dan Kepemimpinan yang Dianggap Efektif
Seorang pemimpin harus mempunyai sandaran-sandaran kemasyarakatan atau social basis. Masyarakat yang agraris belum ada spesialis biasanya kepemimpinan meliputi seluruh bidang kehidupan masyarakat.

5.   Tugas dan Metode
Secara sosiologis, tugas-tugas pokok seorang pemimpin  adalah :
a.       Memberikan suatu kerangka pokok yang jelas
b.      Mengawasi, mengendalikan serta menyalurkan perilaku warga masyarakat
c.       Bertindak sebagai wakil kelompok kepada dunia diluar
Suatu kepemimpinan dapat diterapkan dengan berbagai metode atau cara. Cara-cara tersebut, yaitu :
a.       Cara-cara otoriter
b.      Cara demokratis
c.       Cara bebas









23
BAB VIII
PERUBAHAN SOSIAL DAN KEBUDAYAN

A.    Pengantar
Perubahan Sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

B.     Pembatasan  Pengertian
1.   Definisi
Maclver :  perubahan sosial dikatakannya sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.
Gillin dan Gillin : perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk ideologi maupun karena adanya diifusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
Selo Soemardjan : perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai-nilai, sikap  dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

2.   Teori-teori Perubahan Sosial
Teori yang berkaitan dengan arah perubahan sosial telah diringkas Moore dalam bentuk diagram sederhana .


C.    Hubungan antara Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan
Tidak ada masyarakat yang tidak mempunyai kebudayaan, dan sebaliknya tidak mungkin ada kebudayaan yang tidak terjelma dalam suatu  masyarakat. Hal itu mengakibatkan bahwa garis pemisah dalam kenyataan hidup antara perubahan sosial dan kebudayaan lebih sukar lagi untuk ditegaskan. Biasanya antara kedua gejala itu dapat ditemukan hubungan timbal balik sebagai sebab dan akibat.

D.    Beberapa Bentuk Perubahan Sosial dan  Kebudayaan
Bentuk-bentuk perubahan , yaitu :
1.    Perubahan lambat dan perubahan cepat
2.    Perubahan kecil dan perubahan besar
3.    Perubahan yang dikhendaki(intended change) atau perubahan yang direncanakan(planned change) dan perubahan yang tidak dikehendaki(unintended change) atau perubahan yang tidak direncanakan( unplanned change).

E.     Faktor-faktor yang Menyebabkan Perubahan Sosial dan Kebudayaan
Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial dan kebudayaan adalah:
1.    Sebab yang bersumber dalam masyarakat itu sendiri:
v  Bertambah atau berkurangnya penduduk
v  Penemuan-penemuan baru
v  Pertentangan-pertentangan dalam masyarakat
v  Terjadinya pemberontakan atau revolusi didalam tubuh masyarakat itu sendiri
2.    Sebab-sebab yang berasal dari luar masyarakat:
v  Sebab-sebab yang berasal dari lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia
v  Peperangan dengan negara lain
v  Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
25
F.     Faktor-faktor yang Memengaruhi Jalannya Proses Perubahan
1. Faktor-faktor yang Mendorong Jalannya Proses Perubahan
a). Kontak dengan kebudayaan lain
b). Sistem pendidikan yang maju
c). Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju
d). Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan menyimpang
e). Sistem lapisan masyarakat yangterbuka
f). Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu
h). Nilai meningkatkan taraf  hidup

2. Faktor-faktor yang Menghambat terjadinya Perubahan
a). Kurangnya hubungan dengan masyarakat-masyarakat lain
b). Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
c). Sikap masyarakat yang tradisional
d). Adanya kepentingan yang telah tertanam dengan kuat atau vested interest
e). Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
f). Prasangka terhadap hal-hak yang baru
h). Kebiasaan
i). Nilai pasrah

G.  Proses-proses Perubahan Sosial dan Kebudayaan
1.      Penyesuaian Masyarakat terhadap Perubahan
Keserasian atau harmoni dalam masyarakat merupakan keadaan yang diidam-idamkan setiap masyarkat. Keserasian masyarakat dimaksudkan sebagai suatu keadaan di mana lembaga kemasyarakatan yang poko benar-benar berfungsi dan saling mengisi.

2.      Saluran-saluran perubahan Sosial dan Kebudayaan
Saluran-saluran perubahan sosial dan kebudayaan(avenue or channel of change) merupakan saluran-saluran yang dilalui oleh suatu proses perubahan. Umumnya saluran-saluran tersebut adalah lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam bidang pemerintahan, ekonomi,pendidikan, agama, rekreasi dan seterusnya.

3.      Disorganisasi(Disintegrasi) dan Reorganisasi(Reintegrasi)
a.      Pengertian
Disorganisasi(Disintegrasi) adalah suatu proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat karena perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.
Reorganisasi(Reintegrasi) adalah suatu proses pembentukan norma-norma dan nilai-nilai baru agar serasi dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.
26
b.      Suatu Gambaran Mengenai Disorganisasi dan Reorganisasi
Gambaran mengenai disorganisasi dan reorganisasi dalam masyarakat pernah dilukiskan oleh William .I.Thomas dan Florian Znaniecki dalam karya klasiknya yang berjudul The Polish Peasant in Europe and America.Thomas dan Znaniecki menggambarkan betapa Polandia yang pindah dari Eropa ke Amerika merupakan bagian dari masyarakat yang tradisionaldan di Amerika mereka berhadapan dengan masyrakat modern. Timbullah disorganisasi , misalnya dalam keluarga batih. Orang tua diEropa mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap anak-anaknya, tetapi di Amerika kekuasaan menjadi pudar dan melemah. Dan dalam reorganisasi, timbullah norma-norma baru yang mengatur hubungan orang tua dengan anak-anak.
c.       Ketidakserasian Perubahan-perubahan dan Ketertinggalan Budaya (Cultural Lag).
Suatu teori yang terkenal di dalam sosiologi mengenai perubahan dalam masyarakat adalah teori ketertinggalan budaya(Cultural Lag)dari William Fougburn. Teori tersebut mulai dengan kenyataan bahwa pertumbuhan kebudayaan tidak selalu sama cepatnya dalam keseluruhannya seperti yang diuraikan sebelumnya, tetapi ada bagian yang tumbuh cpat, dan tumbuh lambat.

H.    Arah Perubahan (Direction Of Change)
Arah atau Gerak perubahan adalah bergerak meninggalkan faktor yang diubah . akan tetapi, setelah meninggalkan faktor itu, mungkin perubahan bergerak kepada sesuatu bentuk yang sama sekali baru, atau mungkin pula bergerak kearah suatu bentuk yang sudah ada didalam waktuyang lampau.

I.       Modernisasi
Di dalam proses modernisasi tercakup suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam artian teknologis serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri negara-negara Barat yang stabil.
Syarat-syarat modernisasi :
1.      Cara berpikir yang ilmiah
2.      Sistem administrasi negara yang baik
3.      Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur
4.      Penciptaan iklim yang favorable dari masyarakat
5.      Tingkat organisasi yang tinggi
6.      Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan social planning.
27
BAB IX
MASALAH SOSIAL DAN MANFAAT
SOSIOLOGI
A.    Pengantar
Masalah sosial menyangkut nilai sosial yang mencakup pula segi moral. Karena untuk dapat mengklasifikasikan suatu persoalan sebagai masalah sosial, harus digunakan penilaian sebagai pengukurannya. Apabila suatu masyarakat menganggap sakit jiwa, bunuh diri,perceraian sebagai masalah sosial, masyarakat tersebut tidak semata-mata menunjuk pada tata  kelakuan yang menyimpang. Akan tetapi, sekaligus juga mencerminkan ukuran umum mengenai segi moral.

B.     Masalah Sosial, Batasan dan Pengertian
Masalah sosial menyangkut nilai-nilai sosial dan moral. Masalah tersebut merupakan persoalan karena menyangkut tata kelakuan yang immoral, berlawanan dengan hukum dan bersifatmerusak. Oleh sebab itu , masalah-masalah sosial tak akan mungkin ditelaah tanpa mempertimbangkan ukuran-ukuran masyarakat mengenai baik atau buruk. Sosiologi menyangkuut teori yang hanya dalam batas tertentu menyangkut nilai sosialdan moral, yang terpokok adalah aspek ilmiahnya.

C.    Klasifikasi Masalah Sosial dan Sebab-sebabnya
Klasifikasi masalah sosial berdasarkan sumber-sumbernya, yaitu :
1.   Ekonomis
2.   Biologis
3.   Biopsikologis
4.   Kebudayaan
Klasifikasi yang berbeda mengadakan penggolongan atas dasar kepincangan dalam warisan fisik, warisan biologis, warisan sosial, dan kebijaksanaan sosial.

D.    Ukuran-ukuran Sosiologis terhadap Masalah Sosial
Ukuran dalam sosiologi suatu masalah merupakan masalah sosial adalah :
1.   Tidak adanya kesesuaian antara ukuran/nilai sosial dengan kenyataan/tindakan sosial.
2.   Sumber sosial dari masalah sosial, yaitu merupakan akibat dari suatu gejala sosial atau bukan, yang menyebabkan masalah sosial , contohnya: gagak panen(bukan gejala sosial tapi masalah sosial)
3.   Pihak yang menetapkan apakah suatu kepincangan merupakan gejala sosial atau tidak, tergantung dari karakteristik masyarakat
4.   Manifest social problems dan latent social problems
5.   Perhatian masyarakat dan masalah sosial
6.   Sistem nilai dan dapatnya suatu masalah sosial diperbaiki

28
E.     Beberapa Masalah Sosial Penting
Beberapa masalah sosial yang penting adalah :
1.      Kemiskinan(tidak sanggup memelihara dirinya sendiri dan tidak mampu memanfaatkan tenaga mental/fisik)
2.      Kejahatan
3.      Diorganisasi keluarga(perpecahan dalam keluarga sebagai unit)
4.      Masalah generasi muda
5.      Peperangan
6.      Pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat
7.      Masalah kependudukan
8.      Masalah lingkungan
9.      Birokrasi

F.     Pemecahan Masalah Sosial
Ada metode-metode dalam pemecahan masalah yaitu, metode yang bersifat preventif dan represif. Metode preventif lebih sulit dilaksanakan karena harus didasarkan pada penelitian yang mendalam. Metode represif lebih banyak digunakan, artinya, setelah suatu gejala dapat dipastikan sebagai masalah sosial, baru diambil tindakan untuk mengatasinya.

G.    Perencanaan Sosial( Social Planning)
Menurut sosiologi, suatu perencanaan sosial harus didasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana kebudayaan berkembang dari taraf yang rendah ke taraf yang modern dan kompleks dimana dikenal industri, peradaban kota. Selain itu, harus pula ada pengertian terhadap hubungan manusia dengan alam sekitar, hubungan antara golongan dalam masyarakat dan pengaruh-pengaruh penemuan baru terhadap masyarakat dan kebudayaan.
Menurut Ogburn dan Nimkoff, prasyarat suatu perencanaan sosial yang efektif adalah:
1.      Adanya unsur modern dalam masyarakat yang mencakup suatu sistem ekonomi di mana telah dipergunakan uang, urbanisasi yang teratur, inteligensia di bidang teknik, ilmu pengetahuan dan suatu sistem administrasi yang baik
2.      Adanya sistem pengumpulan keterangan dan analisis yang baik
3.      Terdapatnya sikap publik yang baik terhadap usaha-usaha perencanaan sosial
4.      Adanya pimpinan ekonomis dan politik yang progresif.




29
H.    Tokoh-tokoh yang Memengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi
Tokoh-tokoh yang Memengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi diantarnya :
1.      Auguste Comte(1798-1857)
Auguste Comte, berasal dari perancis, merupakan bapak Sosiologi yang pertama memberi nama pada ilmu tersebut, walaupun ia tidak menguraikan secara rinci masalah yang menjadi objek sosiologi, tetapi ia mempunyai anggapann bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok, yaitu social statistics dan social dynamics. Hasil karya Comte yang terutama adalah:
a.       The Scientific Labors Necessary for Reorganization of Society(1822)
b.      The Positive Philosophy (6 jilid 1830-1840)
c.       Subjective Synthesis(1820-1903)

2.      Herbert Spencer(1820-1903)
Dalam bukunya yang berjudul The Principles of Sosiology(3 jilid 1877), Spencer menguraikan materi sosiologi secara rinci dan sistematis. Spencer mengatakan bahwa objek sosiologi yang pokok adalah keluarga, politik, agama, pengendalian sosial, dan industri. Yang sekunder adalah asosiasi, masyarakat setempat, lapisan sosial, serta penelian terhadap kesenian dan keindahan.
Hasil karyanya yang terkenal yaitu :
a.       Social Statistics(1850)
b.      Principles of Psychology(1955)
c.       Principles of Biology( 2 jilid, 1864 dan 1961)
d.      Principles of Ethics(1953-1893)
3.      Emile Durkheim(1858-1917)
Menurut Emile, sosiologi meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses sosial. Hasil karyanya yang terkemuka yaitu :
a.       The Social Division of Labor(1893)
b.      The Rule of Sociology Method(1895)
c.       The Elementary Forms of Religious Life (1912)

4.      Max Weber
Max Weber,seoarng Jerman, berusaha memberikan pengertian mengenai manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial.
Karyanya antara lain:
a.       The History of Trading Companies During the Moddle Ages(1889)
b.      Economy and Society(1920)
c.       Collected Essays on Sociology of Religion ( 3 jilid 1921)

5.      Charles Horton Cooley(1864-1929)
Seorang Amerika, Charles Horton, mengembangkan konsepsi mengenai hubungan timbal balik dan hubungan yang tidak terpisahkan antara individu dengan masyarakat.
30
                        Hasil karyanya sebagai berikut:
a.       Human Nature and Social Order(3 jilid 1902)
b.      Social Organization(1909)
c.       Social Process(1918)
6.      Georg Simmel (1858-1918)
Menurut Georg Simmel, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan khusus, yaitu satu-satunya ilmu pengetahuan analistik yang abstrak diantara semua ilmu pengetahuan kemasyarakatan.
Diantara hasil-hasil karyanya, yaitu :
a.       Concerning Social Differentiation(1890)
b.      Sociology, studies of the Forms of Socialization(1908)
c.       Basic Problems of Sociology ( 1917)

I.       Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan
1.      Pengantar
Pembangunan merupakan suatu proses perubahan di segala bidang kehidupan yang dilakukan secara sengaja berdasarkan suatu rencana tertentu . Proses pembangunan terutama bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik secara spiritual, maupun material.
2.      Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan
Apabila pembicaraan mengenai manfaat penelitian sosiologis dibatasi pada kaitannya dengan tahap-tahap pembangunan, pada tahap perencanaan di perlukan data yang relatif lengkap, data tersebut mencakup hal sebagai berikut:
a.       Pola interaksi sosial
b.      Kelompok-kelompok sosial yang menjadi bagian masyarakat
c.       Kebudayaan yang berintikan pada nilai-nilai
d.      Lembaga-lembaga sosial
e.       Stratifikasi sosial
Hal ini penting untuk dapat mengidentifikasikan pihak yang dapat dijadikan pelopor pembangunan atau panutan bagi pembangunan.
Pada tahap penerapan atau pelaksanaan, perlu diadakan identifikasi terhadap kekuatan sosial. Dalam tahap penerapan atau pelaksanaan, penelitian mengenai perubahan sosial juga penting. Pada tahap evaluasi dapat diadakan penilaian dengan menggunakan beberapa ilmu pengetahuan.

31
BAB X
PENUTUP
A.    Pengantar
Sebagai bagian dari ilmu pengetehuan dan masyarakat,sosiologi ikut berkembang serta mengalami peristiwa-peristiwa tertentu maupun pelbagai masa krisis. Lynd dan Mills menyajikan pendapat-pendapatnya di dalam buku Knowledge For What and The Sociological Imagination.
Konsep-konsep yang dijelaskan di dalam Bab I sampai dengan Bab IX, dapat dicoba untuk diterapkan sehingga akan tampak kelemahan-kelemahannya yang harus diperbaiki. Contohnya sebagai berikut .

B.     Keterkaitan “Public Speaking” dengan Sosiologi Komunikasi
Public Speaking atau berbicara kepada umum merupakan suatu kegiatanyang berintikan pada interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan suatu hubungan di mana terjadi proses saling memengaruhi antara para individu, individu dengan kelompok, maupun antarkelompok.
Seorang pembicara di muka umum mempunyai kemampuanp-kemampuan,di antaranya:
1.      Menyajikan dengan bahasa yang sederhana, tetapi benar
2.      Menyajikan bahan secara sistematis
3.      Menguasai bahan yang disajikan dengan baik
4.      Memberikan contoh-contoh sederhana dari kehidupan sehari-hari
5.      Menyesuaikan diri dengan khalayak secara serta merta dan cepat
6.      Tidak menimbulkan ketegangan
7.      Membentuk opini yang positif
8.      Berdiskusi dengan lancar
9.      Membimbing khalayak ke arah kemampuan
10.  Mengakui keterbatasan pengetahuaannya

C.    Dampak Pada Sistem Sosial Budaya

Secara etimologis, dampak berarti pelanggaran, tubrukan, atau benturan. Oleh karena itu, dampak pada sistem sosial budaya diartikan sebagai pelanggaran terhadap sistem sosial budaya. Hal itu berarti bahwa dalam keadan-keadan tertentu terjadi masalah yang mengganggu berfunsinya sistem sosial budaya tersebut. Hal ini akan dibahas dalam sub bab ini dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Pendekatan sosiologis berarti penggunaan konsep-konsep dasar sosiologis untuk menelaah suatu gejala tertentu. Konsep-konsep dasar tersebut menyangkut seluruh proses pergaulan hidup dalam wadah-wadah tertentu,misalnya dalam sistem kemasyarakatan.secara sosiologis, di dalam setiap sistem kemasyrakatan terjadi hubungan antarpribadi, antarkelompok maupun antar pribadi dengan kelompok.
32
D.    Tinjauan Sosiologis mengenai Lingkungan Anak dan Remaja yang Menunjang Tumbuhnya Motivasi dan Keberhasilan Studi Anak
Suatu tinjauan sosiologis berarti sorotan yang didasarkan pada hubungan antarmanusia, hubungan antarkelompok serta hubungan manusia dengan kelompok yang disebut dengan interaksi sosial, di dalam interaksi sosial yang melibatkan anak dan remaja, terjadi proses sosialisasi. Sosialisasi tersebut merupakan suatu kegiatan yang bertujuan agarpihak yang dididik atau di ajak kemudian mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku dan dianut oleh masyarakat.
Lingkungan-lingkungan yang mempengaruhi tumbuhnya motivasi dan keberhasilan studi anak dan remaja, antara lain:
1.      Orang tua, saudara-saudara, dan kerabat dekat
2.      Kelompok sepermainan
3.      Kelompok pendidik (sekolah)
Orang tua sebenarnya merupakan kunci motivasi dan keberhasilan studi anak dan remaja. Keberhasilan orang tua di dalam menunjang motivasi dan keberhasilan studi terletak pada eratnya hubungan antara anak-anaknya.



















33

DAFTAR PUSTAKA

Soekanto,Soerjono,  Sosiologi  Suatu Pengantar,  Jakarta:  PT Raja Grafindo  Persada, 2010  Cet ke-43


















3 komentar: