APLIKASI INTERNET
DI SUSUN OLEH :
KELOMPOK V
Nama :
Cut
Arlita
Rukaiyah
Siti Aisyiah
Khalidah
Nadiatul Hikmah
Rahmi Daniati
Yeni Nurhayati
Kelas : 1B Ilmu
Komunikasi
Dosen Pengasuh : Muslem,S.sos.,MA
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
2014

1.
Konsep
Internet(interconnection-networking).
Perkembangan
teknologi dan komunikasi semakin pesat, kehadiran internet menjadi salah satu
wujud perkembangan teknologi dan komunikasi. Kehidupan manusia modern hari ini
seolah tidak lepas dari kebutuhan akan internet. Bagi manusia modern yang
memiliki berbagai kesibukan, tentu internet menjadi bagian dari kebutuhan
primer karena mempermudah jaringan komunikasi. Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia,
yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di
seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari
mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
a.
Website
Website adalah sebuah tempat yang
memungkinkan seseorang menyatakan dirinya, hobinya, pengetahuannya, produk yang
dijualnya dan apapun juga yang dapat diakomodasikan oleh teks, tulisan, gambar,
video, animasi dan file multimedia lainnya. Minimal website dapat
dijadikan sebagai brosur elektronik yang dapat diakses dari seluruh dunia
selama 24 jam. Website biasanya terdiri dari beberapa halaman dimana berisi
tulisan, image, video dll. Sedangkan webpage sendiri bermakna halaman
web dalam terjemahan Indonesianya. Jadi webpage adalah isi dari beberapa
halaman atau tulisan dari sebuah situs website tersebut.
b.
Search engine
Atau mesin pencari secara sederhana
adalah sebuah program yang di buat untuk mempermudah seseorang pengguna dalam
mencari sebuah informasi tertentu. Adanya seacrh engine akan
mempermudah seorang pengguna baik itu layanan internet atau komputer
untuk menemukan sebuah data atau informasi yang sedang di carinya.
c. Network
Kebanyakan para pengguna PC menggunakan PC mereka sendiri
tanpa menghubungkannya ke perangkat apapun selain Printer. Bagaimanapun juga,
kita selalu dapat menghubungkan dua buah PC dengan sepotong kabel agar dapat
saling berkomunikasi. (Biasanya hanya mentransfer data). Sebagai intisari, ini adalah yang disebut sebagai
jaringan – dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik dengan sepotong
kabel. Hubungan di antara kedua komputer tersebut kemudian diatur dan
dioperasikan dengan perangkat lunak khusus.
d.
LAN
Sangat masuk akal untuk membuat kelompok jaringan
komputer dimana dapat berbagi beban kerja yang sama, seringkali untuk alasan
finansial dan lainnya. Jaringan komputer dimaksudkan bahwa orang yang
menggunakannya dapat berbagi file secara mudah, saling berkirim pesan, dan
saring berbagi printer. Ide ini kemudian dikembangkan sebagai LAN. LAN bisa
dalam bentuk kecil seperti hanya dalam lingkungan kantor, atau seluruh kota.
e.
WAN
Dalam beberapa kasus, organisasi tersebar di beberapa
area yang luas, dan kemampuan LAN tidak mumpuni untuk melakukan tugas
komputasi. Dalam keadaan ini, komputer dapat dihubungkan dengan jaringan yang
lebih luas yaitu WAN. Perbedaan antara WAN dengan LAN tidak hanya dari segi
jarak, tapi juga mengacu ke teknologi. Dengan LAN kita akan mendapat jaringan
yang lebih cepat daripada kita memakai WAN.
LAN dengan WAN
tidak bekerja sendiri masing-masing, faktanya mereka bergabung bersama dengan
sangat baik. Beberapa perusahaan memiliki keduanya, dimana WAN menghubungkan
bagian-bagian dari LAN. Jika kita mengambil sebagian kecil prinsip, jaringan
tergabung membentuk jaringan yang besar, yang mana akan tergabung menjadi
jaringan yang lebih besar dan seterusnya, sekarang kita mendapatkan gambaran
apa internet itu. Secara fisik, internet hanya sekumpulan LAN dan WAN yang
telah tergabung dalam level nasional maupun internasional.
Bagaimanapun, internet lebih dari itu. Internet tidak
hanya untaian kabel, tapi juga bagaimana informasi terkirim dari satu komputer
ke komputer lain. Ambil contoh seperti membuat rute perjalanan. Jika kita
mengantar seseorang dalam mobil ke suatu tempat, kita tidak bisa melakukan
salah satu dari kedua hal ini.
2.
Karakteristik
Internet
Internet yang biasa kita pergunakkan untuk mencari
informasi, chating dan sebagainya ini identik dengan istilah cyberspace atau
kawasan dunia maya bukan maya nama artis ya tapi ini nama dunia, contohnya
seperti dunia cerita, khayalan dsb. Ilmuan yang bernama Dysson memberikan suatu
definisi tentang istilah cyberspace atau dunia maya definisi yang ia berikan
adalah cyberspace sebagai suatu ekosistem bioelektronik di semua tempat yang
memiliki telepon, kabel koaksial, fiber optik atau elektromagnetik waves.
Dari definisi
yang diberikan oleh Dysson dapat kita mengambil kesimpulan tentang
karakteristik internet, antara lain:
a.
Informasi yang ada didalamnya itu bersifat publik.
cyberspace atau dunia maya disebut sebagai zaman informasi karena di dunia maya ini kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang ada didalamnya.
cyberspace atau dunia maya disebut sebagai zaman informasi karena di dunia maya ini kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang ada didalamnya.
b. Dunia maya
selalu mengalami perubahan yang sangat cepat.
Maksudnya adalah dengan didukung kemudahan mengupdate data, maka perubahan yang terjadi di dalam dunia maya ini pun juga menjadi sangat cepat berubah.
Maksudnya adalah dengan didukung kemudahan mengupdate data, maka perubahan yang terjadi di dalam dunia maya ini pun juga menjadi sangat cepat berubah.
c. Internet
beroperasi secara virtual. Beroperasi secara virtual itu maksudnya adalah jika
kita sedang berada di dalam dunia maya yang didalamnya dihuni oleh orang-orang
yang saling bertukar pikiran, berdiskusi, berinteraksi, dan cara melakukan hal
tersebut pun tidak perlu melakukan pertemuan secara fisik melainkan dapat
bertemu dengan jarak yang berjauhan tanpa harus menunjukkan identitasnya
masing-masing.
Jadi alangkah baiknya kita mengetahui apa itu
karakteristik dari internet. karena jika kita sudah mengetahui karakteristik
dari internet, kita bisa mempergunakan media internet ini dengan sebaik-baik
nya sesuai dengan karakteristik nya.

Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada
tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced Research Project
Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware
dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi
dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET
merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.
Pada saat itu Departemen Pertahanan
Amerika Serikat (US Department of
Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital
untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila
terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research
Institute, University of California, Santa Barbara,University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulanOktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh
daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk
mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu
"MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang
lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Ø Sejarah
Internet Dunia
Sejarah Internet dimulai pada tahun
60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan
penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya,
beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan
jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari
penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik
packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui
jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih
mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet
switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation),
Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213. Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar. Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”. Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213. Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar. Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”. Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.

Banyak kegunaan atau fungsi
yang menguntungkan dari internet baik didalam bidang akademis,bisnis,
komunikasi, organisasi, dan lain lain.
Berikut kegunaan atau fungsi dari internet, diantaranya :
1. Sebagai gudang informasi.
1. Sebagai gudang informasi.
Dengan internet penyebaraninformasi makin cepat dikarenakan ada
sarana dari macam-macam search engines atau mesin pencari, yang ini berarti
pencarian semua info yang kita butuhkan, yang mungkin berbentuk file, gambar,
musik, film, video, dll. Dikarenakan penyebaran info yang makin cepat kita
diuntungkan dengan mendapatkan info dengan cepat juga.
2. Menjual/membeli dengan online.

3. Update berita.
Saat ini tak perlu lagi menunggu untuk
melihat berita yang disiarkan di televisi maupun membaca
koran saat pagi dikarenakan telah banyak halaman-halaman situs yang menyajikan
berita-berita dunia dengan up to date serta senantiasa diperbaharui dari waktu
ke waktu sesuai perubahan berita yang ada.
4. Pendidikan.
Kita dapat mencari buka-buku yang bisa dibaca dengan on line
ataupun off line dengan gratis. Kita juga dapat mendapatkan informasi-informasi
perihal pendidikan dengan cepat di halaman-halaman situs yang memberikan
informasi tentang pendidikan.
5. Komunikasi.
Kita dapat memakai chat/email untuk berkomunikasi dengan rekan
kita dengan jarak jauh. Dengan jejaring sosial
kita dapat memiliki banyak rekan baru didunia maya atau mendapatkan
teman lama sehingga kita dapat terus berkomunikasi.
Berikut ini adalah fungsi/kegunaan internet dari berbagai
segi :
1. Memperpendek
jarak komunikasi menggunakan internet dengan user internet lainnya di dunia
2. Memudahkan
pengguna untuk mencari data apapun di internet
3. Melakukan
interaksi di dunia maya satu sama lain secara mudah
4. Memberikan
informasi atau pengetahuan pada pengguna tiada batas
5. Mempermudah
kegiatan belajar mengajar oleh seorang pengajar kepada siswanya
6. Mempermudah
penyimpanan file dan dokumen digital yang dapat di akses kapan saja dan di mana
saja
7. Mempermudah
seseorang untuk melakukan kegiatan dan berkegiatan dengan cara berpromosi
melalui internet
8. Mempermudah
mencari letak suatu lokasi yang diperlukan dengan fasilitas GPS atau google map
Berikut ini adalah contoh fungsi
internet dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
1. Menciptakan
basis bisnis pada pelanggan.
2. Menganalisis
produk dan pasar.
3. Memberikan
konsultasi dan bantuan di bidangnya.
4. Perekrutan
tenaga kerja
5. Akses
informasi dan penyebaran informasi.
6. Komunikasi
yang efektif dan efisien berbiaya murah.
7. Peluang
bisnis yang baru.
Selain dari manfaat
tersebut di atas, ada pula dampak negatif dari internet, banyak kasus penipuan
yang berkedok belanja online di internet, penculikan melalui perkenalan lewat
media sosial, pembajakan (hack) sebuah situs serta penyebaran virus melalui
media internet.
Berikut ini adalah beberapa contoh
penyalahgunaan dari fungsi internet tersebut dalam penggunaan jejaring sosial
(Facebook/Twitter) :
1. Penyebaranluasan
foto yang kurang etis
2. Perselingkuhan
karena dapat menjalin pertemanan dengan berkomunikasi secara rahasia, jejaring
sosial seperti twitter dan Facebook dapat menimbulkan perselingkuhan
dan kecemburuan.
3. Penculikan
dan perdagangan manusia dengan fasilitas internet
4. Bulliying
dan penyebarluasan kata-kata kasar
5. Ajang
pamer dan kesombongan
6. Ajang
untuk membicarakan seks dan narkoba
7. Perjudian
secara online
menggunakan media internet secara bijak
dan bertanggung jawab, agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain,
karena sekarang pemerintah telah merancang RUU ITE tentang penyalah gunaan media
internet untuk kejahatan dunia maya.

Fitur fitur yang ada di
internet diantaranya adalah :
1.
E-mail
E-mail adalah surat elektronika(surat
yang ditulis dalam bentuk elektronik). E-mail singkatan dari Elektronik mail.
Melalui E-mail kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun
gambar yang dikirimkan dari satu email ke email lain.
2.
Chatting
Mengobrol di dunia maya
3.
Video
streaming
Kita dapat mendengarnya langsung tanpa
perlu mendownload filenya lebih dulu. Dengan video streaming kita dapat
menonton televisi melalui internet.
4.
Voip
(Voice over internet Protocol)
Suara jarak jauh secara langsung. Sinyal
suara analo, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di ubah menjadi data
digital dan dikirimkan melalui jaringan. Dalam komunikasi VOIP, pemakai
melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC/Telepon biasa.Dengan
adanyaVOIP biaya lebih murah karena jaringan IP bersifat global.
5. Mobile
net
Dengan adanya mobile net, kita bisa
mengakses internet dimanapun.
6.
Akses
informasi

Internet adalah hubungan (koneksi) satu
komputer ke komputer lainnya diseluruh dunia melalui server dan router
terdedikasi. Ketika dua komputer terhubung lewat internet, mereka bisa saling
kirim dan terima informasi seperti teks, grapik (gambar), suara, video dan
program komputer berupa software dan aplikasi.
Koneksi
internet beragam, baik dari segi biaya
maupun kecepatannya. Berikut ini beberapa macam
tipe koneksivitas internet diantaranya :
1.
Tipe koneksi ke internet dengan kabel
a.
Handphone
Menghubungkan komputer ke
internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui
Bluetooth maupun USB kabel data. Saat online jalur telepon juga tidak
terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan
teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA
menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya
hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan perkilobyte. Kecepatan
mulai dari 64 kb – 2 mb.
b.
Dial Up
Merupakan koneksi internet
yang memanfaatkan jalur telepon (telepon rumah). Selama online (connect), maka
telepon rumah tidak dapat digunakan.
Koneksi dial-up ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi
yang menginginkan untuk mengakses internet dari rumah. Komputer yang digunakan
untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal bukan jaringan
komputer. Koneksi dial-up memang jauh lebih lambat dibandingkan dengan koneksi
internet lainnya. Kecepatan maksimum yang didapat hanya sekitar 56 kilo byte
persecond (Kbps), kecepatan tersebut bahkan bisa lebih parah pada kondisi
tertentu, seperti pada siang hari dimana traffic pengguna telepon sedang
meningkat. Selain itu, biaya koneksinya juga masih relatif mahal.
c.
ADSL (Kecepatan Akses Internet-ADSL)
ADSL (Asymetric Digital
Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi
antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan
transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada
frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses
internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan
dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem)
Berapakah Bandwith maksimum yang didapat apabila kita menggunakan akses
internet menggunakan ADSL: Untuk line rate 384 kbps, bandwidth maksimum yang
didapatkan mendekati 337 kbps, Untuk line rate 384 kbps, throughput rata-rata
(kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kb/s, Untuk line rate 512
kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps. Untuk line rate
512 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan
sekitar 52 Kb/s.
d.
LAN (Kecepatan Akses Internet-LAN)
Salah satu cara untuk terhubung ke
internet adalah dengan menghubungkan komputer Anda ke jaringan komputer yang
terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahan, kampus-kampus,
dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang dijadikan server (komputer layanan) di
hubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan
ke server tersebut. Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan
dengan sebuah Internet Service Provider (ISP) melalui kabel telepon atau
melalui antena. Sedangkan untuk menghubungkan komputer ke komputer server
dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel koaksial
(UTP).
e.
TV Kabel (Kecepatan Akses Internet)
Pernahkan Anda mendengar Televisi/TV kabel? Siaran TV
sering menwarkan perangkat TV kabel. Jaringan TV kabel untuk menghubungkan
komputer ke internet telah banyak digunakan. Televisi kabel dinilai cocok
terutama untuk pengguna internet dari kalangan keluarga (rumah tangga).
Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat
mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk. Jaringan
TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum
27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream
(kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer
harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).
2.
Tipe koneksi ke internet dengan Tanpa kabel (wireless)
a.
GPRS (Kecepatan Akses Internet-GPRS)
GPRS adalah kepanjangan dari
General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan
dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk
mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak
(mobile). Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk
paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran
(browsing) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan
IS-136, walaupun jaringaan GPRS saat ini terpisah dari GSM. Dalam
teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps,
sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer,
notebook dan handheld computer. Namun, dalam implementasinya, hal tersebut
sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:
• Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS
• Software yang dipergunakan
• Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan
b.
3G (Kecepatan Akses Internet-3G)
3G adalah singkatan dari
istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology. Istilah ini umumnya
digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel
(wireless). 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan
kecepatan akses:
·
Sebesar 144 Kbps untuk
kondisi bergerak cepat (mobile).
·
Sebesar 384 Kbps untuk
kondisi berjalan (pedestrian).
·
Sebesar 2 Mbps untuk kondisi
statik di suatu tempat.
Jaringan 3G tidak merupakan upgrade dari 2G; operator 2G yang
berafiliasi dengan 3GPP perlu untuk mengganti banyak komponen untuk bisa
memberikan layanan 3G. Sedangkan operator 2G yang berafiliasi dengan teknologi
3GPP2 lebih mudah dalam upgrade ke 3G karena berbagai network element nya sudah
didesain untuk ke arah layanan nirkabel pita lebar (broadband wireless).
Jaringan Telepon Telekomunikasi selular telah meningkat menuju penggunaan
layanan 3G dari 1999 hingga 2010. Jepang adalah negara pertama yang
memperkenalkan 3G secara nasional dan transisi menuju 3G di Jepang sudah
dicapai pada tahun 2006. Setelah itu Korea menjadi pengadopsi jaringan 3G
pertama dan transisi telah dicapai pada awal tahun 2004, memimpin dunia dalam
bidang telekomunikasi.
c.
Wifi (Kecepatan Akses Internet-WiFi)
Pernahkan kalian melihat
sambungan komunikasi tanpa kabel? Teknologi itu dikenal dengan Wirelless
Fidelity (WiFi). Teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi
berada pada spektrum 2,4 GHz. Wi-Fi memiliki pengertian yaitu sekumpulan
standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area
Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru
dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam
penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai
dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti
handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat
mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk
mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa
kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan
“Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk
mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel,
kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan
dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk
masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh
d.
Wireless Broadband (Kecepatan Akses Internet-Wireless
Broadband)
Wireless Broadband memungkinkan
akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer
notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wireless Broadband juga dinilai lebih
efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel.
Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro
diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.
Akses Wireless Broadband juga disebut masih bisa diterima di dalam
kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. WiBro dikembangkan Samsung bersama
dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat
sertifikat dari Wimax Forum. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan
hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer
data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14
Mbps.
Berbagai tipe tersebut hanyalah beberapa contoh saja, masih ada
tipe-tipe koneksi yang lain, dan semakin majunya perkembangan teknologi
tentunya akan semakin berkembangn juga teknologi akses intetnet dalam segi
kecepatan akses dll.
3.
Perangkat keras untuk mengakses internet
a.
Komputer
Spesifikasi minimal untuk PC
(Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet
adalah :
·
Processor Pentium III 500
Mhz
·
Ram 64 MB
·
VGA Card 4 MB
·
Sound Card dan Speaker
·
CD ROM
·
Harddisk 10 GB
·
Monitor CRT SVGA
b.
Modem
Modem berasal dari singkatan
MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal
informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan
Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data
atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat
diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem
adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh
dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti
VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih
dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada
komputer.
Jenis-jenis modem berdasarkan beberapa kategori :
Ø Berdasarkan letak di CPU Komputer
1.
Modem eksternal
Modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini
terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung
tipe modemnya.
2.
Modem internal
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot
ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem
internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
4.
Perangkat lunak untuk mengakses internet
a.
Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan
bagian yang paling penting sebelum melakukan koneksi internet, karena tanpa OS
komputer tidak ada artinya sama sekali. Diantara Sistem Operasi (OS) yang dapat
digunakan untuk akses internet adalah :
·
Ubuntu Linux, OpenSuSE,
Mandriva, IGOS (ini merupakan software gratis atau Open Source yang dapat di download secara gratis)
b.
Web Browser
Software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan
dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media
yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW)
Software
Web Browser :
·
Internet Explorer
pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for
Windows 95 in 1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh
Microsof. Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8. menurut “Net
Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser menempatkan
Internet Explorer sebagai urutan pertama penggunaan browser yang tercatat per
Desember 2009
·
Mozilla Fire Fox
Oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web
browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Firefox
adalah salah satu Browser yang terpopuler saat ini selain IE. Rilis stabil saat
ini adalah versi 3.5.7, yang dirilis pada Januari 05, 2010
·
Opera
browser web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera
Software Company. Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil
yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu. Opera
versi terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite,
memungkinkan untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, langsung dari
browser. Saat ini rilis terakhir adalah 10.10 untuk windows.
·
Safari
browser web yang dikembangkan oleh Apple
·
Google Chrome
sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang
menggunakan WebKit layout engine and application framework.
Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan rilis stabil pada 11 Desember
2008.

v Regulasi Kejahatan di internet
A.
Fenomena Kejahatan Internet
Pengertian
kejahatan komputer/internet itu sendiri telah didefinisikan oleh 3 ahli
komputer diantaranya : Forester & Morrison (1994) mendefinisikan kejahatan
internet/komputer sebagai : aksi kriminal dimana komputer digunakan sebagai
senjata utama; Girasa (2002) mendefinisikan kejahatan internet sebagai : aksi
kejahatan yang menggunakan teknologi komputer sebagai komponen utama; Tavani
(2000) memberikan definisi kejahatan internet yang lebih menarik, yaitu
kejahatan dimana tindakan kriminal hanya bisa dilakukan dengan menggunakan
teknologi cyber dan terjadi di dunia cyber.
Beberapa faktor yang menyebabkan kejahatan internet makin marak dilakukan antara lain adalah:
1.Akses internet yang tidak terbatas.
2. Kelalaian pengguna komputer. Hal ini merupakan salah satu penyebab utama kejahatan komputer.
3. Mudah dilakukan dengan resiko keamanan yang kecil dan tidak diperlukan peralatan yang super modern. Walaupun kejahatan internet mudah untuk dilakukan tetapi akan sangat sulit untuk melacaknya, sehingga ini mendorong para pelaku kejahatan untuk terus melakukan hal ini.
4. Para pelaku merupakan orang yang pada umumnya cerdas, mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan fanatik akan teknologi komputer. Pengetahuan pelaku kejahatan internet tentang cara kerja sebuah komputer jauh diatas operator komputer.
5. Sistem keamanan jaringan yang lemah.
6. Kurangnya perhatian masyarakat. Masyarakat dan penegak hukum saat ini masih memberi perhatian yang sangat besar terhadap kejahatan konvesional. Pada kenyataannya para pelaku kejahatan komputer masih terus melakukan aksi kejahatannya.
7. Belum adanya undang-undang atau hukum yang mengatur tentang kejahatan internet.
8. Penyalahgunaan kartu kredit termasuk kejahatan yang sangat sulit ditanggulangi, karena hukum di Indonesia belum ada yang khusus mengatur hukuman terhadap kejahatan ini.
Fenomena kejahatan internet memang harus diwaspadai karena kejahatan ini agak berbeda dengan kejahatan lain pada umumnya. Kejahatan internet dapat dilakukan tanpa mengenal batas teritorial dan tidak diperlukan interaksi langsung antara pelaku dengan korban kejahatan. Bisa dipastikan dengan sifat global internet, semua negara yang melakukan kegiatan internet hampir pasti akan terkena impas perkembangan kejahatan internet ini.
B.
Kriminalitas Di Internet
Menurut Edmon Makarim
(2001: 12) kriminalitas di internet atau kejahatan internet pada dasarnya
adalah suatu tindak pidana yang berkaitan dengan cyberspace, baik yang
menyerang fasilitas umum di dalam cyberspace atupun kepemilikan pribadi.
Menurut RM Roy Suryo dalam Warta Ekonomi No. 9, 5 Maret 2001 h.12, kasus-kasus kejahatan internet yang banyak terjadi di Indonesia setidaknya ada tiga jenis berdasarkan modusnya, yaitu:
Menurut RM Roy Suryo dalam Warta Ekonomi No. 9, 5 Maret 2001 h.12, kasus-kasus kejahatan internet yang banyak terjadi di Indonesia setidaknya ada tiga jenis berdasarkan modusnya, yaitu:
1. Pencurian Nomor Kredit.
2. Memasuki, Memodifikasi, atau merusak Homepage (Hacking)
3. Penyerangan situs atau e-mail melalui virus atau spamming.
Berikut
ada beberapa istilah yang sering terjadi dalam aksi kejahatan-kejahatan didunia
maya, diantaranya :
A. HACKER
Hacker adalah seseorang yang mengerti
sebuah sistem, bagaimana caranya sistem tersebut bekerja, dan mengetahui
jawaban dari pertanyaan seperti ini : " Jika saya menambahkan, meng edit,
atau menghapus bagian ..... , maka yang terjadi adalah ..... .Kira-kira proses
nya seperti itu, mengetahui suatu system sama saja mengetahui bagaimana membuat
sistem tersebut tidak berjalan, atau memanipulasi system tersebut.
B. CRACKER
Cracker adalah seorang yang kegiatannya
hanyalah merusak, menembus dan mengganti halaman suatu situs adalah menjadi
hobi dengan alasan untuk uji coba kemampuannya. ataupun hanya untuk mengasah
ilmu yang sudah di dapatnya.
Apa bedanya antara hacker dan cracker
Perbedaannya sangat tipis, hanya karena satu alasan saja,seorang hacker bisa menjadi cracker dan melakukan tindakan pengerusakan. atau seorang cracker bisa juga menjadi hacker.
Apa bedanya antara hacker dan cracker
Perbedaannya sangat tipis, hanya karena satu alasan saja,seorang hacker bisa menjadi cracker dan melakukan tindakan pengerusakan. atau seorang cracker bisa juga menjadi hacker.
C.
CARDING
Pemalsuan kartu kredit
sebagai alat pembayaran dalam transaksi nasional atau konvensional, yaitu
sebagai alat pembayaran terhadap pembelian atau pemesanan barang yang
diinginkan , dengan cara belanja di Mall, Super Market, toko-toko tertentu dan
restoran-restoran.
D.
SPAMER
Secara harfiah arti
spam adalah sampah, mengapa dikatakan sampah, karena sesuatu yang tidak kita
inginkan berada di tempat kita atau rumah kita maka kita mengatakannya sebagai
sampah. Nah..begitu juga dengan surat-surat kita yang masuk pada inbox
terkadang terdapat surat yang tidak kita kenali asalnya dan bukan termasuk
salah satu dari sekian banyak nama pada daftar kontak kita. Maka surat seperti
ini dalam istilah email di sebut sebagai spam.
E. VIRUS KOMPUTER
Pengertian Virus
Komputer Virus komputer adalah suatu program komputer Definisi umum virus
komputer adalah program komputer yang biasanya berukuran kecil yang dapat
meyebabkan gangguan atau kerusakan pada sistem komputer dan memiliki beberapa
kemampuan dasar, diantaranya adalah :
• Kemampuan untuk memperbanyak diri.
• Kemampuan untuk menyembunyikan diri
•Kemampuan untuk mengadakan manipulasi
• Kemampuan untuk mendapatkan informasi
• Kemampuan untuk memeriksa keberadaan
dirinya
F.
WORM
Cacing-cacing di
Internet (Worms) adalah autonomous intrusion agents yang mampu melakukan
penggandaan-diri dan menyebar dengan memanfaatkan kelemahan-kelemahan sekuriti
(security flaws) pada services yang umum digunakan. Worm bukanlah sebuah
fenomena baru, ditemukan pertama kali penyebarannya pada tahun 1988. Worms
telah menjadi sebuah ancaman yang mematikan di Internet, walaupun sebagian
besar kasus yang terjadi secara spesifik adalah pada sistim berbasis Windows.
Beberapa jenis worms terbaru memanfaatkan electronic mail (e-mail) sebagai
medium penyebarannya.
G.
SPYWARE
Spyware dan Adware
adalah suatu program (software) yang sengaja dibuat dan disebarluaskan oleh
para produsen pembuatnya dan disebarluaskan di internet agar mereka bisa
mengintai semua aktifitas orang lain di internet, khususnya pada saat mereka
sedang melakukan browsing.

Saat ini aplikasi internet yang tersedia
sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan
kemajuan teknologi informasi. Di bawah ini adalah berbagai aplikasi internet.
1.
E-book . Ebook adalah buku elektronik
yang berisikan informasi digital yang dapat berwujud teks atau gambar.
2.
E-journal.
E-journal adalah jurnal elektronik yang membahas berbagai macam ilmu pendidikan
serta penelitian yang memiliki intervel jangka waktu terbit berkesinambungan.
3.
E-news. E-news adalah elektronik news yang
berarti berita atau informasi yang dikemas secara menarik dan disampaikan
melalui media eletronik secara online.
4.
E-government. E-government adalah penggunaan
teknologi informasi dan pelayanan bagi warganya,urusan bisnis, serta hal hal
lain yang berkenaan dengan pemerintahan.
5.
World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen
internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen
web dibuat dengan menggunakan format HTML
6.
E-Mail.
E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi
surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan
e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
7.
Mailing List.
Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana
diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
8.
Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet
yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya,
anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta
membahas topik-topik tertentu.
9.
Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi
internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di
internet dikenal dengan istilah chatting.
10. File
Transfer Protocol. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk
mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan
untuk download dan upload file.
11. Telnet.Telnet
adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya
jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and
Password ke komputer tersebut.
12. Gopher.
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di
internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.
13. Ping.
Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah
komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.
KESIMPULAN
Internet dapat diartikan sebagai
jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan para
pemakai dari suatu negara ke negara lain
di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagi sumber daya informasi dari
mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Ada banyak manfaat yang dapat
diperoleh dari internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain tanpa harus
kesana. Kita juga dapat berkomunikasi atau berbisnis melalui internet. Kita
juga dapat mengakses informasi begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan
masih banyak manfaat lainnya.
Segala sesuatu tidak terlepas dari
segi positif dan negatif, begitu pula dengan internet , dengan banyak sisi
positif tetapi ada juga sisi negatif.
Dengan kecanggihan internet
memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk
menyampaikan materi cukup melalui E-mail
atau Teleconference. Internet bisa mengabaikan jarak, sehinnga ketika kita
butuh infirmasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan .
J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar